Nama :Nurrahman Rivansa
Nim :41520010104
Dosen : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak
Apa sih kepemimpinan itu?
Kepempinan adalah dimana seseorang dengan sengaja memengaruhi pikiran, perasaan, dan tindakan mereka  untuk mencapai tujuan akhir yang diinginkan. Ada beberapa aspek yang penting dan harus dikuasai oleh setiap orang untuk mengembangkan self-management, antara lain: Self-Awareness, Self-Management, Other-Management, dan Other-Awareness. Kesadaran diri  adalah kemampuan seseorang untuk mengenal dirinya sendiri, untuk memahami perasaan, pikiran dan penilaiannya. Kesadaran diri membantu Anda memahami kekuatan, kelemahan, potensi, dan nilai-nilai Anda.Â
Penguasaan diri, yaitu kemampuan seseorang untuk mengendalikan diri atas apa yang dikatakan atau dilakukan. Selain itu, kesadaran lain adalah kemampuan seseorang untuk mengenali kelemahan dan kelebihan  orang lain. Akhirnya, manajemen pihak ketiga adalah kemampuan individu untuk memotivasi orang lain untuk mengembangkan potensi mereka dan mencapai tujuan  organisasi. Ketika seseorang telah memiliki keempat aspek tersebut, maka ia telah memiliki keterampilan kepemimpinan dasarÂ
Menurut Kadarusman (2012) kepemimpinan (Leadership) dibagi tiga, yaitu: (1) Self Leadership; (2) Team Leadership; dan (3) Organizational Leadership. Self Leadership yang dimaksud adalah memimpin diri sendiri agar jangan sampai gagal menjalani hidup. Team Leadership diartikan sebagai memimpin orang lain. Pemimpinnya dikenal dengan istilah team leader (pemimpin kelompok) yang memahami apa yang menjadi tanggung jawab kepemimpinannya, menyelami kondisi bawahannya, kesediaannya untuk meleburkan diri dengan tuntutan dan konsekuensi dari tanggung jawab yang dipikulnya, serta memiliki komitmen untuk membawa setiap bawahannya mengeksplorasi kapasitas dirinya hingga menghasilkan prestasi tertinggi. Sedangkan organizational leadership dilihat dalam konteks suatu organisasi yang dipimpin oleh organizational leader (pemimpin organisasi) yang mampu memahami nafas bisnis perusahaan yang dipimpinnya, membangun visi dan misi pengembangan bisnisnya, kesediaan untuk melebur dengan tuntutan dan konsekuensi tanggung jawab sosial, serta komitmen yang tinggi untuk menjadikan perusahaan yang dipimpinnya sebagai pembawa berkah bagi komunitas baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.Â
Menurut Kreiner, ada lebih dari dari 400 definisi kepemimpinan (Mullins, 2005). Dari   definisi  kepemimpinan,  menyebutkan bahwa kepemimpinan adalah kegiatan mempengaruhi orang lain. Kepemimpinan adalah proses yang mempengaruhi kinerja suatu kelompok. Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mencapai kesepakatan tentang tujuan bersama. Kepemimpinan adalah upaya membimbing orang lain untuk mencapai  tujuan tertentu. Kepemimpinan adalah  hubungan yang saling efektif antara pemimpin dan pengikutnya. Meskipun sangat sulit untuk menggeneralisasi , pada prinsipnya kepemimpinan terhadap satu orang mempengaruhi perilaku orang lain untuk tujuan tertentu. Namun ini tidak berarti bahwa  orang yang mempengaruhi orang lain dengan tujuan  disebut pemimpin.
 Kepemimpinan berasal dari kata pemimpin yang berarti bahwa seseorang memiliki keahlian dan kemampuan khusus dalam suatu bidang yang dapat mempengaruhi orang lain, melakukan kegiatan tertentu secara bersama-sama untuk mencapai maksud dan tujuan. (Karton, 2005:76). Sutrisno (2009:213), dalam organisasi  kepemimpinan memegang peranan  penting karena pemimpinlah yang memimpin organisasi untuk mencapai tujuan organisasi . Menjadi pemimpin memang tidak mudah, karena seorang pemimpin harus memahami bawahannya. Menurut Tead Hoyt (dalam Carton, 2003) mendefinisikan kepemimpinan sebagai kegiatan atau seni mempengaruhi orang lain sedemikian rupa sehingga orang mau bekerja sama, berdasarkan pada kemampuan  orang  untuk membimbing orang lain untuk mencapai tujuan mereka. mereka ingin  kelompok. B.H Raven dalam Wiryana dan Supardo ( 2005:4), mendefinisikan pemimpin sebagai seseorang yang menduduki suatu posisi di kelompok, mempengaruhi orang-orang dalam kelompok itu sesuai dengan ekspektasi peran dari posisi tersebut dan mengkoordinasi serta mengarahkan kelompok untuk mempertahankan diri serta mencapai tujuan kelompok, organisasi dan masyarakat. Pengertian tersebut mengandung beberapa unsur pokok, yaitu:
1) Kepemimpinan merupakan suatu faktor pada diri seseorang yang dapat ditumbuhkan, dipupuk dan dikembangkan.Â
2) Pemimpin dapat mempegaruhi pengikut atau bawahannya dan juga dapat memberikan pengarahan yang sesuai dengan tujuan yang hendakdicapai Dari beberapa pengertian diatas dapat kita simpulkan bahwa kepemimpinan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan seseorang dalam upaya mempengaruhi orang lain baik individu maupun kelompok guna mencapai tujuan yang telah ditentukan.Untuk mengetahui pemimpin dalam melaksanakan kepemimpinan penulis melihat sudut pandangpada gaya, tipe, dan sifat kepemimpinan. Gaya Kepemimpinan Peranan kepemimpinan dalam kehidupan sederhana Iebih mudah dikenal, bila dilirik pada masyarakat modem yang sudah maju telah ada spesialis-spesialis kemampuan, spesialis-spesialis dapat dipastikan menurut sistem dalam penunjukkan atau pengangkatan pemimpin dapat dilaksanakan.Â