Mohon tunggu...
rivaldo rachman putra
rivaldo rachman putra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Saya adalah mahasiswa S1 jurusan Bisnis Digital Universitas Pendidikan Indonesia. Saya adalah orang yang memiliki pola pikir terbuka sehingga ingin mempelajari keterampilan baru untuk meningkatkan kemampuan melalui perjalanan hidup saya. Saya memiliki ambisi membuat uang bekerja untuk saya dan saya bisa fokus ibadah.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Studi Independen Bersertifikat PT Zona Edukasi Nusantara: Sosial Media Management Program Batch 2

14 November 2022   23:30 Diperbarui: 14 November 2022   23:45 306
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Saya adalah Mahasiswa S1 jurusan Bisnis Digital Universitas Pendidikan Indonesia. Saya adalah orang yang memiliki pola pikir terbuka sehingga saya ingin mempelajari keterampilan baru untuk meningkatkan kemampuan melalui perjalan hidup saya. 

Memasuki tingkat 3 di perkuliahan pada tahun 2022 saya tertarik untuk meningkatkan kemampuan dengan mendaftarkan diri pada Program Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka. Studi Independen Bersertifikat adalah kegiatan belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan yang bisa dikonversi menjadi maksimal 20 SKS. Program ini diperuntukan bagi mahasiswa yang ingin menambah serta menguasai kompetensi spesifik dan praktis yang juga dicari oleh dunia usaha maupun dunia industri.

Salah satu mitra yang berpartisipasi dalam Studi Independen Bersertifikat ini adalah PT Zona Edukasi Nusantara atau yang kita kenal (Zenius). Zenius merupakan platform belajar berbasis teknologi yang telah berdiri sejak tahun 2004 yang berfokus pada pemahaman konsep dan penalaran ilmiah dengan tujuan dapat memberikan social impact yang mampu mentransformasi masa depan bangsa. Zenius percaya bahwa pendidikan yang lebih baik merupakan salah satu hak utama setiap orang, terutama di Indonesia.

Bagaimana proses seleksi peserta di Program Zenius Studi Independen Bersertifikat?

Program akan dilaksanakan dari tanggal 21 Februari hingga 21 Juli 2022. Seleksi akan dilakukan dalam 2 tahap yaitu seleksi administratif dan seleksi tertulis secara daring.

Seleksi akan dilakukan dalam 2 tahap:

1. Seleksi Administratif

Di tahap ini seluruh kelengkapan berkas pendaftaran kamu akan diperiksa oleh tim Zenius. Jadi, pastikan berkasmu sudah lengkap ya. Jika peserta dinyatakan lulus seleksi administratif, peserta bisa mempersiapkan Surat Rekomendasi dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak dari kampus. Surat ini akan dikumpulkan kembali sebagai salah satu syarat agar mahasiswa bisa mengikuti pembelajaran di Zenius.

2. Seleksi Tertulis (Fundamental Berpikir)

Tes diadakan secara online, setelah kamu lulus seleksi administratif. Tes ini didesain khusus oleh Zenius untuk mengetahui kemampuan nalar dan berbahasa kamu.

Pembelajaran yang ada pada Program Zenius Studi Independen Bersertifikat yaitu Live session/Webinar dengan pengajar ahli yang dilakukan secara virtual/remote. Referensi video, buku bacaan, dan Podcast terkait materi yang akan diberikan oleh para pengajar ahli. 

Self-paced learning atau belajar mandiri secara online dengan memanfaatkan materi-materi yang diberikan. Assessment atau penilaian berupa soal tertulis (kuis), tugas kelompok, tugas individu dan studi kasus. Diskusi kelompok dan individu. Proyek Akhir yang memberikan kesempatan mahasiswa/i untuk bisa melakukan simulasi/proyek kerja nyata sesuai bidangnya.

Hingga setelah saya mendapatkan kesempatan dan menyelesaikan pada program ini banyak pembelajaran dan pemahaman yang saya dapatkan, diantara nya adalah.

1. Memahami penalaran dan pemahaman bacaan

2. Memahami Filsafat dasar

3. Memahami Sains Terintegrasi

4. Memahami Evolusi perilaku manusia

5. Memahami dan menyelesaikan project Akhir program yang saya jalankan

seperti: "Accelerated Social Media Management Program"

Oleh karena itu tujuan terpenting dari menyelsaikan proyek ini adalah menikmati proses pembuatan dan pembelajaran yang bermanfaat sehingga kedepannya dapat kami realisasikan kepada dunia kerja sesungguhnya.

Dok ZenPro
Dok ZenPro

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun