Banyak masyarakat yang tau dan mengenal Media yang ada di Indonesia, namun tidak semua masyarakat tau dan bisa membangun hubungan yang baik dengan media karena tidak benar-benar memahami tugas serta aktivitas media.
Media Relations/Hubungan media merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan oleh individu/devisi humas suatu organisasi untuk menjalin hubungan baik dengan media massa dengan tujuan untuk mencapai publikasi sebuah organisasi yang maksimal dan berimbang.
Jika ditanya apakah media relations itu penting? Jelas sangatlah penting! Semua perusahaan pasti membangun hubungan baik dengan media, agar dapat mendapatkan publisitas yang baik pula. Saat perusahan mendapatkan publisitas yang baik dimata publik maka citra perusahaanpun akan baik karena tujuan utama Media Relations adalah Reputasi.
Media Relations merupakan sebuah strategi komunikasi seorang public relations yang profesional dalam menjaga hubungan baik dengan media.Lalu apa itu Media Relations Activity ?
Disini akan dijelaskan apa saja dan bagaimana cara menjaga hubungan atara perusahaan/instansi dengan media agar mereka dapat saling berkesinambungan dengan baik. menarik bukan? Dan,
Selasa, 1 Februari 2022, Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKOM) Universitas 17 Agustus 1945 (Uta 45) telah mengadakan kegiatan "Webinar Media Relations Activity" yang diselenggarakan melalui platform Zoom Meeting. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk membangun hubungan antara mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi dengan Media yang nantinya akan menjadi peluang karir yang baik, selain itu sebagai bentuk pengetahuan masyarakat tentang membangun hubungan dengan media yang nantinya dapat menjadi peluang publikasi untuk mereka yang ingin membuka usaha dsb.
Kegiatan ini dihadiri oleh Angga Purwancara (Jurnalis&Human LF PCNU) dan Inntan Wulandari (Public Relation Corporate) sebagai pembicara dan mereka juga enyampaikan informasi yang menarik tentang bagaimana hubungan antara Public Relations dan Media dapat berjalan dengan baik. Â
Tidak hanya itu, antusias peserta webinar sangatlah tinggi ratusan peserta mengikuti kegiatan ini bahkan banyak sekali peserta yang berasal dari beberapa Universitas dari daerah Timur (NTT) salah satunya dari Universitas Nusa Cendana, mahasiswa dari universitas favorite yaitu UGM, dan ada beberapa peserta yang berasal dari perusahaan BUMN (Pelindo) yang sangat excited sekali untuk mengetahui Media Relations Activity.
Menariknya kegiatan sebagus ini terbuka untuk umum, dan pastinya free serta banyak benefit yang didapatkan secara free! Seperti : E-Certificate dan Doorprize yang menarik! 3 peserta memenangkan doorprize dengan penanya terbaik.
Kegiatan ini berlangsung dari jam 13.00 s/d jam 15.00 namun sampai melewati batas waktu yang ditentukan masih tinggi sekali antusias peserta yang melontarkan pertanyaan kepada narasumber untuk mendapatkan informasi, panitia webinar menampung beberapa pertanyaan dan menyeleksi pertanyaan yang akan ditanyakan karena terlalu banyak pertanyaan yang didapatkan.