Nama : Achmad rivaldi
Mahasiswa Ilmu komunikasi Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik Universitas Muhammadiyah jakarta
Mengapa iklan itu penting: Memahami manfaat dan PengaruhnyaÂ
Iklan telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia saat ini, apalagi di zaman yang sangat modern ini. Awal-awal kemunculan iklan mungkin masih hanya beberapa perusahaan ternama yang menggunakannya. Tapi, sekarang iklan sudah banyak yang menggunakannya. Bahkan seorang pelaku UMKM pun harus beriklan di Era yang sangat modern ini. Iklan hadir dimana-mana, dari papan reklame, media sosial, media massa bahkan tiang listrik. Mereka menawarkan berbagai macam produk, layanan dan jasa. Meskipun terkadang dianggap mengganggu, iklan mempunyai peran penting dalam ekonomi global dan juga memiliki dampak bagi bisnis dan konsumen. Artikel ini akan membahas secara konkrit mengapa iklan itu penting?, serta memahami manfaat dan pengaruhnya dalam segala aspek.:
- Meningkatkan penjualan
- Salah satu alasan utama mengapa iklan itu penting adalah Ketika perusahaan mengiklankan produk atau layanan mereka dengan baik, mereka menciptakan minat diantara calon konsumen. Ini dapat mengarah pada peningkatan ke toko internet atau kunjungan ke toko fisik, yang selanjutnya dapat menghasilkan peningkatan penjualan. Selain itu, dengan menggunakan teknik-teknik beriklan yang cerdas dan baik, perusahaan dapat mempengaruhi perilaku pembelian konsumen, seperti memicu tindakan pembelian atau meningkatkan frekuensi pembelian.
- Mencapai goal pasar yang cepat
- Beriklan juga memungkinkan perusahaan mempercepat mencapai target pasar yang tepat dengan berbagai media platform iklan yang tersedia seperti iklan online, iklan tv atau iklan cetak. Â perusahaan dapat menargetkan konsumen yang sesuai dengan produk atau layanan mereka. Ini berarti bahwa dana periklanan diinvestasikan dengan lebih efisien, karena iklan hanya ditampilkan kepada mereka yang mempunyai keinginan atau kebutuhan yang relevan.
- Mengukur hasil secara akurat
- Salah satu keunggulan beriklan digital adalah kemampuannya untuk mengukur hasil dengan sangat akurat. Perusahaan dapat melacak sejumlah metrik, seperti jumlah klik, konversi, atau tingkat keterlibatan. Ini memungkinkan mereka untuk memahami sejauh mana iklan mereka berhasil dan apakah mereka mendapatkan pengembalian investasi yang diinginkan. Kemampuan untuk mengukur hasil secara akurat juga memungkinkan perusahaan untuk melakukan penyesuaian dan perbaikan berdasarkan information yang diperoleh.
- Memberikan Inovasi
- Beriklan juga dapat memberikan inovasi dalam suatu industri. Ketika perusahaan lain bersaing untuk mendapatkan konsumen, pelaku periklan terus-terussan mencari cara dan juga berkreatif untuk menarik perhatian audiens mereka. Hal ini dapat menciptakan trend baru dan juga inovasi baru dalam pemasaran. Ini memberikan kita dorongan dan juga inovasi untuk terus berkembang.
- Menghubungkan dengan audiens world/international
- Dalam era ini, beriklan memiliki potensi perusahaan untuk berhubungan dengan audiens international. Caranya dengan menggunakan plattform online, media sosial. Perusahaan dapat mencapai konsumen diseluruh dunia. Hal ini membuka pintu bagi ekspansi international dan pertumbuhan bisnis yang signifikan.
- Mengedukasi Konsumen
- Salah satu manfaat dari iklan adalah memberikan edukasi kepada konsumen. Iklan tidak hanya untuk mempromosikan suatu produk, tetapi juga memberikan  informasi penting bagaimana produk tersebut dapat bermanfaat, apa keuntungannya, dan konsumen juga dapat mempertimbangkan tetntang suatu keunggulan produk. Seperti iklan obat-obattan, iklan obat-obattan seringkali memberikan tata penggunaan yang rinci dalam mengkonsumsi suatu obat, termasuk juga dengan memasukkan efek samping. Ini membantu konsumen untuk memahami bagaimana penggunaan obat yang mereka beli dan juga menggunakannya dengan aman.
- Memengaruhi Keputusan konsumen
- Iklan memiliki dampak yang sangat besar terhadap Keputusan pembelian konsumen. Melalui pesan yang persuasif dan menarik, iklan dapat mengajak konsumen untuk membeli suatu produk atau layanan yang mereka tawarkan. Bahkan penelitian pernah menunjukan bahwa konsumen lebih banyak yang membeli suatu produk yang diiklankan dari pada yang tidak ada iklan.
- Pengaruh ini tidak hanya berlaku pada produk-produk yang mereka gunakan sehari-hari. Â Tetapijuga berpengaruh pada produk-produk besar seperti mobil, rumah. Dengan menediakan informasi yang lengkap dan juga menonjolkan manfaat atau keunggulan produk, iklan akan membantu konsumen membuat Keputusan.
- Meningkatkan kesadaran merek
- Iklan  sangat efektif dalam meningkatkan kesadaran merek. Jika sebuah produk atau layanan diiklankan secara konsisiten maka konsumen akan menjadi lebih kenal dengan produk tersebut, hal ini juga sangat berpengaruh dalam  mebuat Keputusan pembelian konsumen, karena konsumen pasti cenderung memilih produk yang mereka kenal dari pada produk lain yang tidak mereka kenal.
- Contoh produk Pepsodent yang terus-terussan beriklan meskipun mereka sudah habis jutaan atau bahkan miliyaran hanya untuk beriklan bertahun-tahun, hasilnya adalah Masyarakat cenderung lebih mengenal Pepsodent dengan produk lain.
- Sebagai pendukung media dan konten gratis
- Iklan juga memainkan peran dalam mendukung media dan konten. Banyak media seperti televisi, radio, social media, dan situs berita. Pendapatan dari iklan digunakan untuk mendanai biaya pengoprasian mereka. Jika tanpa iklan mungkin banyak dari layanan ini mungkin dibebankan kepada konsumen.
- Contoh Sebagian besar dari konten gratis yang kita nikmati seperti artikel berita, video,  dan  podcast yang didukung oleh iklan. Pendapatan dari iklan memungkinkan penyedia konten untuk menawarkan layanan mereka tanpa biaya langsung kepada pengguna. Ini membuat informasi dan hiburan lebih gampang diakses oleh Masyarakat luas.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H