Mohon tunggu...
Riswandi
Riswandi Mohon Tunggu... Guru - Guru

Kerjakan sepenuh hati

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Siswa SMAN 1 Cibinong Kabupaten Bogor Lolos Pertukaran Pelajar ke Jepang

10 Juli 2024   09:44 Diperbarui: 10 Juli 2024   18:11 312
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Andi Muhammad Taufik 

SMAN 1 Cibinong Kabupaten Bogor, meraih prestasi internasional. Siswa bernama Andi Muhammad Taufik berhasil lolos seleksi Pertukaran Pelajar ke Jepang. 

Semua bermula pada saat tepatnya tanggal 12 April 2024, dimana pada hari itu saya sedang

berada di kampung halaman saya yakni Makassar tepat sehari sebelum hari raya idul fitri, salah seorang
teman saya yang berasal dari Bekasi memberikan informasi mengenai program pertukaran pelajar ke
Jepang bagi jenjang SMA untuk para peserta seleksinya yaitu seluruh siswa/i di Indonesia, lalu saya
pun merasa tertarik pada program tersebut dan mencoba mencari informasi mengenai program tersebut.
Saya pun mengetahui bahwa ternyata terdapat 3 program yang terdapat pada pertukaran pelajar tersebut
yakni:
TMBoE (Tokyo Metropolitan Board of Education)
AYL (Asia Youth Leaders)
SSHP ( Sakura Science High school Program)
Para siswa/i yang terpilih akan mendapat salah satu dari 3 program tersebut.
Setelah mengetahui hal ini, saya menjadi lebih termotivasi dan ingin mengikuti salah satu
diantara 3 program tersebut. Lalu saya bertanya kepada teman saya yang telah mengirimkan informasi
ini kepada saya, bahwa kapan pendaftarannya akan ditutup. Ia pun menjawab, bahwa terakhir
pengiriman berkas pendaftaran adalah hari Senin 15 April 2024. Berhubung saya sedang berada di
kampung halaman, maka saya menghabiskan beberapa hari sebelum hari terakhir pendaftaran dengan
bersilaturahmi dengan para saudara saya yang berada di Makassar. Lalu tibalah pada hari Minggu 14
April 2024. Saya sepintas teringat kembali akan halnya program tersebut dan hari itu pula saya bergegas
untuk mengisi data data pendaftaran yang dibutuhkan oleh form pendaftaran programnya. Disini saya
mengetahui bahwa pendaftaran ini merupakan seleksi tahap pertama dari total jumlah 3 seleksi yang
akan diikuti jika lolos seleksi sebelumnya. Diantaranya adalah:
Seleksi Tahap 1 (Berkas dan pembuatan video perkenalan diri menggunakan bahasa Inggris)
Seleksi Tahap 2 (Pembuatan essay menggunakan bahasa Inggris)
Seleksi Tahap 3 (Wawancara dengan menggunakan bahasa Inggris)
Pada seleksi tahap 1, saya diminta untuk memasukkan beberapa data, yakni diantaranya adalah
seperti nilai rapor bahasa Inggris semester terakhir, surat perizinan orang tua, kartu pelajar, scan rapor
semester terakhir, video perkenalan diri dalam bahasa inggris (yang mencangkup motivasi ingin
mengikuti program ini, pemahaman tentang budaya dan tradisi Indonesia, pekerjaan orang tua dan lain
lain) serta data nama, npsn sekolah, dan sebagainya. Saya pun melakukan pendaftaraan seleksi tahap 1
pada malam hari Minggu 14 April 2024.
Hari demi hari berlalu, hingga pada hari Jum'at 19 April 2024 saya mendapat kabar dari teman
saya bahwa pengumuman seleksi tahap 1 akan diumumkan melalui website Direktorat SMA pada hari
Sabtu 20 April 2024. keesokan harinya saya dan keluarga saya bergegas pulang ke Bogor setelah
menjalani libur hari raya idul fitri. Salah satu alasan orang tua saya mengajak saya ke Makassar selain
silaturahmi adalah untuk membentuk saya menjadi manusia yang mandiri dan dewasa.
Sesampainya saya di Bogor, saya senantiasa memantau informasi hasil seleksi tahap 1 yang
akan dikeluarkan di website Direktorat SMA. Namun pada hari itu saya mendapat informasi dari
instagram Direktorat SMA bahwa informasi pengumuman akan ditunda menjadi esok hari yaitu
tepatnya pada hari Minggu 21 April 2024. Keesokan harinya di waktu siang, teman saya menginfokan
bahwa saya telah lulus seleksi tahap 1 pertukaran pelajar SMA tahun 2024. Pada saat itu pula saya
langsung memastikan di website Direktorat SMA. Lalu saya melihat terdapat nama saya berada di
urutan ke-18 dari 162 peserta yang dinyatakan lolos seleksi tahap 1. Disaat itu pun saya mengetahui
bahwa jumlah peserta yang mendaftar pada seleksi tahap 1 ini berjumlah 1359 responden, dan
diantaranya hanya 162 peserta yang lolos untuk mengikuti tahap kedua yakni penulisan essay dalam
bahasa Inggris.
Pengumuman tersebut segera saya print dan saya serahkan kepada pihak sekolah pada hari
pertama sekolah setelah libur hari raya idul fitri yakni hari Senin 22 April 2024. Lalu saya diarahkan
oleh pihak sekolah untuk mendapatkan bimbingan oleh salah seorang guru bahasa Inggris di sekolah
saya sewaktu itu. Di lembar pengumuman peserta yang lolos seleksi tahap 1, di infokan bahwa essay
yang akan dibuat mencangkup isi perkenalan diri, pencapaian pribadi, pemahaman diri tentang budaya
dan tradisi Indonesia, hal yang akan penulis bagikan kepada pelajar luar negri jika diterima di program
ini, alasan penulis mengikuti program ini, dan lain lain. Lembar essay ini terakhir dikumpulkan pada
hari Jumat 26 April 2024 jam 18:00 WIB.
Saya pun membuat perancangan essay sembari meminta arahan oleh guru pembimbing saya
yang telah ditugaskan. Hingga pada akhirnya di hari pengumpulan, saya mengumpulkan essay di waktu
setelah shalat Jumat di hari terakhir pengumpulan essay. Pada form pengumpulan essay, saya
mengetahui bahwa pengumuman seleksi tahap 2 jatuh pada hari Jumat 3 Mei 2024, bertepatan dengan
hari dimana datangnya orang Jepang yang pernah mengajar di SMAN 1 Cibinong untuk bersilaturahmi.
Hingga pada hari Jumat 3 Mei 2024, saya selaku ketua Ekstrakurikuler Japanese Club periode 2022-
2024 mengarahkan para anggota untuk bergegas menyambut kedatangan orang Jepang di sekolah kami.
Tentu saja pada saat ini saya begitu dipenuhi oleh rasa senang maupun panik, karena merupakan hari
pengumuman seleksi tahap 2.
Saya menceritakan proses saya mengikuti program ini dari awal pendaftaran seleksi tahap 1
hingga hari ini pengumuman seleksi tahap 2 kepada orang Jepang yang hendak datang di SMAN 1
Cibinong. Ia pun merasa senang dan turut mendoakan akan lolosnya diri saya di seleksi tahap 2 ini.
Hingga pada malam hari pun saya tunggu belum kunjung keluar pengumuman seleksi tahap 2 tersebut,
lalu saya berpikir bahwa pengumuman seleksi tahap 2 akan sama halnya dengan pengumuman seleksi
tahap 1 yaitu "ditunda" dan saya menunggu hingga tengah malam berganti hari pun tetap belum ada
informasi terkait.
Keesokan harinya, pada hari Sabtu 4 Mei 2024, di siang hari saya mendapatkan notifikasi
tentang pengumuman seleksi tahap 2. Disaat itu pula saya memanggil orang tua saya untuk melihat
hasilnya bersama. Satu per satu nama peserta yang lolos seleksi tahap 2 ini kami lihat dari urutan teratas
nomor 1, hingga muncul nama saya di urutan 5 dari 44 peserta yang lolos seleksi tahap 2. Saya dengan
orang tua saya merasa sangat senang, dan segera pun saya melapor ke pihak sekolah dan guru bahasa
Inggris yang telah membimbing saya. Lalu saya melihat pada lembar pengumuman bahwa yang lolos
seleksi tahap 2 terdapat 44 peserta dari 162 peserta yang lolos seleksi tahap 1.
Tibalah saat dimana saya mengikuti seleksi tahap 3 yaitu wawancara dengan menggunakan
bahasa inggris, dan ternyata urutan wawancara saya adalah 2 hari setelah hari pengumuman lolos seleksi
tahap 2 yaitu pada hari Senin 6 Mei 2024 jam 11:00 WIB. Saya pun diberi dispensasi untuk tidak
mengikuti kegiatan KBM oleh pihak kesiswaan untuk fokus melatih diri agar dapat lancar menjalani
wawancara di hari senin dari sebelum jam upacara. Pada saat itu saya dilatih oleh guru bahasa Inggris
yang sebelumnya mengarahkan saya untuk membuat essay. Selama saya berlatih, sewaktu upacara saya
mendengar amanat dari kepala sekolah SMAN 1 Cibinong yang mengatakan bahwa hari ini ada seorang
siswa dari sekolah kita yang sedang mengikuti tes wawancara untuk mengikuti program pertukaran
pelajar dan mendoakannya agar lancar. Mendengar hal ini saya menjadi lebih bersemangat atas adanya
dukungan dari guru-guru teman-teman dan semuanya.
Wawancara berjalan dengan lancar di ruang yang telah difasilitasi oleh sekolah dan saya pun
merasa tenang sekaligus merasa cemas akan hasil dari wawancara seleksi tahap 3 ini. Setelah selesainya
wawancara, saya melihat informasi bahwa pengumuman seleksi tahap 3 akan diumumkan pada Jumat
10 Mei 2024. Hari demi hari saya jalani penuh dengan rasa khawatir dan cemas akan hasil yang akan
didapat kelak. Hingga pada hari Jumat saya menunggu pengumumannya dari sekolah hingga sesampai
dirumah tidak kunjung ada. Saya pun berpikir, sepertinya pengumuman seleksi tahap 3 akan sama
dengan pengumuman seleksi tahap 1 & 2 yakni "ditunda". Oleh karena itu saya merasa bahwa
pengumuman akan jatuh pada hari Sabtu 11 Mei 2024.
Namun, pada hari Jumat 10 Mei 2024 jam 23:36 WIB. Saya mendapat notifikasi dari instagram
Direktorat SMA bahwa pengumuman seleksi tahap 3 program pertukaran pelajar telah keluar. Saya
teriak histeris dan bergegas membangunkan orang tua yang sedang tertidur untuk melihat hasil
pengumuman bersama. Nama saya pada lembar pengumuman seleksi tahap 3 itu "ada", dan dinyatakan "lolos". Saya beserta orang tua begitu bahagia ketika mengetahui hal ini, dan nama saya terdapat di peringkat 3 dari 24 peserta yang lolos seleksi tahap 3 dari satu Indonesia. Peserta yang lolos seleksi tahap 3 terdapat 24 peserta dari 44 peserta yang lolos seleksi tahap 2.
Pada lembar pengumuman seleksi tahap 3, peserta yang lolos akan dimasukkan ke dalam grup program pertukaran pelajar SMA tahun 2024. Setelah saya dimasukkan pada grup tersebut, saya pun ditempatkan untuk mengikuti program SSHP atau memiliki kepanjangan Sakura Science High School. Program yang akan dijadwalkan keberangkatan pada saat saya menduduki semester awal kelas 12 di tahun 2024. Hingga saat ini, saya sangat berterima kasih pada semua pihak yang telah mendukung dan memberikan arahan kepada saya. Sehingga saya dapat melewati tahap demi tahap dengan lancar, dan sampai di titik ini dan tentunya ini semua atas izin Allah SWT.

Kepala SMAN 1 Cibinong, Dra. Eli Supartini sangat mendukung dan bangga atas segala prestasi yang diraih oleh siswanya khususnya Andi. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun