Kriteria HOTS, menurut taksonomi Bloom dapat dibagi menjadi menganalisis (C4), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Guru sebagai fasilitator pembelajaran harus mampu menghantarkan peserta didik dalam menerapkan berbagai level kognitif tersebut. Selain itu, keterampilan 4C yang menuntut peserta didik untuk menguasi keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif.Â
Menjadi tantangan bagi guru dan peserta didik, untuk sama-sama, mengembangkan, mengelola pembelajaran yang sesuai agar keterampilan tersebut dapat tercapai.Â
Salah satu upaya guru dalam menerapakan berbagai macam keterampilan tersebut adalah, menghasilkan luaran berupa kumpulan karya yang dihasilkan oleh siswa dalam setiap materi yang diajarkannya.Â
Contoh karya tersebut adalah antologi puisi, yang diterbitkan melaui penerbit dan memiliki ISBN. Ha ini sangat penting untuk dilakukan, karena selain mencapai tujuan pembelajaran yang salah satunya dalah mencipta, kegiatan ini dinilai mengapresiasi siswa.Â
Peserta didik akan lebih bersemangat, untuk mengikuti pembelajaran. Melaui kegiatan ini, pekerjaan siswa juga bisa disimpan dan dikenang, tidak hanya berserakan di meja dan bertumpuk begitu saja.Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI