Mohon tunggu...
Riswanda Himawan
Riswanda Himawan Mohon Tunggu... Guru - Pendidik Bidang Bahasa dan Sastra Indonesia.

Riswanda Himawan merupakan Pendidik, bidang bahasa dan sastra Indonesia sekaligus mahasiswa pascasarjana magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Penulis aktif dalam kegiatan menulis, baik itu artikel ilmiah berupa jurnal atau prosiding yang terbit pada standar Nasional maupun Internasional, serta aktif menulis pada koran digital berkaitan dengan pendidikan, bahasa, ekonomi, serta budaya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Belajar Kelompok Daring: Efektif di Masa Pandemi

26 Juli 2021   21:48 Diperbarui: 26 Juli 2021   23:56 864
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini mengakibatkan pembelajaran di sekolah, masih dilaksanakan secara daring. Guru sebagai fasilitator pembelajaran harus mampu mefasilitasi peserta ddik dalam pembelajaran yang menyenangkan dan juga mengedepankan ketercapaian tujuan pembelajaran. Selain itu, keefektifan pembelajaran daring menjadi tugas tersendiri bagi guru, agar materi-materi yang diajarakan kepada peserta didik dapat diterima dan berhasil seperti apa yang diharapkan. 

Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru adalah, mengajak peserta didik untuk belajar secara kelompok. Penrapan metodebelajar kelompok ini dapat dilakukan dengan cara, membagi peserta didik yang ada di kelas, ke dalam kelompok kecil. Misal, dalam kelas tersebut terdapat 20 siswa, berarti dibagi menjadi 4 kelompok dengan masing-masing 5 siswa. Kemudian, guru mempersilakan peserta didik untuk membuat group WA dan bergabung di dalamnya. 

Saat pembelajaran dimulai, pada awal jam pembelajaran, guru mepersilakan peserta didik dalam group 1 untuk bergabung dalam google meet dan melaksanakan pembelajaran, setelah 15 menit berlangsung, ganti dengan kelompok berikutnya, dan lakukan hal yang sama sampai kelompok selesai. Cara ini dapat digunakan sebagai jembatan guru, untuk mecapai tujuan pembelajaran. Dengan pembelajaran kelompok, guru lebih mudah untuk memantau kondisi peserta didik dalam pembelajaran daring. Selain itu, ketercapaian tujuan pembelajaran juga dapat dicapai dengan maksimal. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun