Mohon tunggu...
Ristiani
Ristiani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya benyanyi,bermusik dan juga saya suka dengan meka up

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Teori Lev Vygotsky Dan Praget Tentang Perkembangan Sosial Kognitif

18 Januari 2025   08:07 Diperbarui: 18 Januari 2025   15:28 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Teori Vygotsky dan Piaget tentang Perkembangan Sosial dan Kognitif

Lev Vygotsky dan Jean Piaget adalah tokoh besar dalam psikologi perkembangan. Keduanya memberikan teori yang berbeda tetapi saling melengkapi tentang bagaimana manusia berkembang secara sosial dan kognitif. Berikut adalah pembahasan tentang teori mereka:  

Teori Vygotsky: Sosial-Kultural

Lev Vygotsky menekankan bahwa perkembangan kognitif dan sosial seseorang sangat dipengaruhi oleh interaksi sosial,budaya, dan bahasa. Menurut Vygotsky, pembelajaran terjadi melalui kolaborasi dengan orang lain.  

Konsep Utama dalam Teori Vygotsky
1. Zone of Proximal Development (ZPD):
- Definisi: ZPD adalah jarak antara kemampuan individu untuk menyelesaikan tugas secara mandiri dan kemampuan untuk menyelesaikannya dengan bantuan orang lain yang lebih berpengalaman (guru, orang tua, atau teman sebaya).  
- Contoh: Seorang anak yang tidak dapat menyelesaikan soal matematika sendirian, tetapi mampu melakukannya dengan bimbingan guru, berada dalam ZPD.  

2. Scaffolding:
-Definisi: Scaffolding adalah bantuan sementara yang diberikan oleh orang yang lebih ahli untuk membantu individu belajar dalam ZPD. Bantuan ini secara bertahap dikurangi seiring meningkatnya kemampuan individu.  
- Contoh: Guru memberikan petunjuk langkah demi langkah untuk memahami konsep, lalu membiarkan siswa mencoba sendiri.  

3. Peran Bahasa:
- Bahasa adalah alat penting dalam perkembangan kognitif.  
- Inner Speech (Bahasa Batin): Anak-anak awalnya menggunakan bahasa untuk komunikasi eksternal, kemudian berkembang menjadi bahasa batin untuk berpikir dan memecahkan masalah.  

4.Interaksi Sosial:
- Menurut Vygotsky, interaksi sosial adalah fondasi utama perkembangan. Anak-anak belajar melalui dialog dan kolaborasi dengan orang lain dalam konteks budaya tertentu.  

Peran Budaya dalam Perkembangan
- Budaya menentukan apa yang dipelajari individu dan bagaimana cara belajar.  
- Lingkungan sosial, termasuk nilai, norma, dan tradisi, membentuk perkembangan kognitif dan sosial individu.  

Kesimpulan Teori Vygotsky
Perkembangan sosial dan kognitif tidak dapat dipisahkan. Interaksi sosial, budaya, dan bahasa adalah kunci dalam membangun pengetahuan dan keterampilan individu.  

Teori Piaget: Konstruktivisme Kognitif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun