Mempraktekkan Analisis Sistem Kurikulum Nasional
A.Konsep Analisis Sistem
Menurut Kristanto (2003) analisis sistem adalah suatu proses mengumpulkan dan menginterpretasikan kenyataan-kenyataan yang ada, mendiagnosa persoalan dan menggunakan keduanya untuk memperbaiki sistem. Dapat disimpulkan bahwa analisis sistem adalah strategi yang digunakan perencanaan dalam proses pemecahan masalah. Analisis sistem merupakan kegiatan untuk pemisahan suatu hal atau kegiatan dalam bagian-bagian tertentu.
Tujuan Analisis Sistem:
·Memberikan pelayanan kebutuhan informasi kepada fungsi manajerial di dalam pengendalian pelaksanaan kegiatan operasional perusahaan
·Membantu para pengambil keputusan
·Mengevaluasi sistem yang telah ada
·Merumuskan tujuan yang ingin dicapai berupa pengolahan data maupun pembuatan laporan baru
·Menyusun suatu tahap rencana pengembangan sistem
B.Analisis Misi, Analisis Fungsi, Analisis Tugas, dan Analisis Metode
1.Analisis Misi
a.Peningkatan pemerataan dan perluasan kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang bersamaan dengan peningkatan mutu.
b.Pengembangan wawasan persaingan dan keunggulan.
c.Memperkuat keterkaitan pendidikan agar sepadan dengan kebutuhan pembangunan.
2.Analisis Fungsi
Analisis fungsi merupakan proses pemecahan sesuatu kedalam beberapa bagian komponen untuk diidentifikasi dan mengetahui kontribusi masing-masing komponen dalam mencapai suatu tujuan.(Kaufman, 1998). Dalam menyelenggarakan analisis fungsi perencanaannya tidak terlepas dari analisis kebutuhan dan analisis misi. Seseorang perencana harus memulai dan melakukan identifikasi tentang apa produk yang diinginkan dalam profil misi, apa yang harus diselesaikan dalam profil tersebut untuk mencapai keberhasilan tujuan yang diinginkan.
3.Analisis Tugas
Aapun bentuk dari analisis tugas dari sistem perencanaan pendidikan adalah dimulai dari kegiatan mehan kebutngidentifikasi dan menentukan kebutuhan pndidikan, menentukan masalah, menentukan langkah pemecahan masalah, menentukan strategi serta memilih alternative untuk memecahkan masalah.
4.Analisis Metode
Analisis metode mengidentifikasi strategi yang memungkinkan dan alat-alat untuk mencapai setiapkeperluan penampilan dan akan mendapatkan keuntungan tambahan.
C.Analisis Metode yang Digunakan dalam Implementasi Kurikulum 2013
1.Merancang pembelajaran efektif dan bermakna
2.Mengorganisasikan pembelajaran
3.Memilih dan menentukan pendekatan pembelajaran
4.Melakanakan pembelajaran, pembentukan kompetensi, dan karater
Kurikulum 2013 sebagai suatu sistem, yaitu sistem kurikulum. Sistem kurikulum merupakan bagian dari sistem persekolahan, sistem pendidikan, bahkan sistemmasyarakat. Suatu sistem kurikulum mencakup struktur personalia, dan prosedur kerja bagaimana cara menyusun suatu kurikulum, melaksanakan, mengevaluasi, dan menyempurnakannya. Hasil dari suatu sistem kurikulum adalah tersusunnya suatu kurikulum, dan fungsi dari sistem kurikulumadalah bagaimana memelihara kurikulum agar tetap danamis.
Konsep ini juga dapat dipastikan mengalami perubahan dari konsep kurikulum yang sebelumnya, sebab wacana pergantian kurikulum dalam sistem pendidikan memang merupakan hal yang wajar, mengingat perkembangan alam manusia terus mengalami perubahan. Namun, dalam menentukan sistem yang baru diharapakan para pembuat kebijakan jangan asal main rubah saja, melainkan harus menentukan terlebih dahulu kerangka, konsep dasar maupun landasan filosofis yang mengaturnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H