Mohon tunggu...
RISSA MAYASARI
RISSA MAYASARI Mohon Tunggu... Guru - GURU

HOBI SAYA MEMBACA DAN MENCARI HAL YANG BERMANFAAT UNTUK SAYA

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan Alat Peraga Tusuk Sate Terhadap Hasil Belajar Matematika dalam Menentukan Sifat Bangun Ruang

25 November 2023   22:09 Diperbarui: 25 November 2023   22:18 304
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

BAB I 

PENDAHULUAN

  • Latar Belakang 

Kualitas pendidikan  meliputi  berbagai  sektor  dan  jenjang pendidikan, termasuk jenjang pendidikan  menengah  pertama. Keberhasilan pendidikan banyak dipengaruhi oleh  berbagai  faktor  termasuk  guru.  Guru  yang  profesional  akan selalu berupaya untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan nasional. Dalam upaya meningkatkan proses belajar, guru harus berupaya menciptakan strategi yang cocok, sebab dalam proses belajar mengajar yang bermakna, keterlibatan siswa sangatlah penting, hal ini sesuai dengan pendapat Bruner yang menyatakan bahwa anak harus berperan aktif dalam belajar di kelas.

Salah satu muatan pelajaran SD yang menjadi permasalahan yaitu Matematika sekolah. Matematika yang telah dipilah dan disesuaikan dengan tahap perkembangan intelektual siswa, serta digunakan sebagai salah satu sarana untuk mengembangkan kemampuan berpikir bagi para siswa. Matematika adalah objek yang bersifat abstrak sehingga matematika tidak mudah dipahami oleh sebagian siswa Sekolah Dasar. Penggunaan alat peraga diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.

Dengan demikian matematika sebagai objek abstrak dapat dikurangi keabstrakan materi matematika dengan menggunakan model benda konkrit  yang dinamakan alat peraga pembelajaran matematika. Berdasarkan pengalaman peneliti dikelas, kegagalan dalam  belajar matematika pada materi sifat-sifat bangun ruang yang dihadapi oleh siswa dikelas VI C SD Mujahidin yaitu :

  1. Hasil penilaian harian matematika pada KD 3.6 hanya depalan siswa yang memperoleh nilai diatas KKM.
  2. Persentase kentuntasan belajar siswa hanya mencapai 19%.

Berdasarkan uraian tersebut, penulis mencoba  menerapkan salah satu media  pembelajaran yaitu dengan menggunakan alat peraga sederhana berupa tusuk sate dan plastisin untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menentukan unsur-unsur bangun ruang.Adapun judul penelitiannya adalah " Penerapan Alat Peraga Tusuk Sate terhadap Hasil Belajar Matematika dalam Menentukan sifat-sifat Bangun Ruang Kelas VI C SD Mujahidin Tahun Ajaran 2021-2022.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka masalah penelitian ini adalah "Bagaimana dengan penggunaan alat peraga tusuk sate dapat meningkatkan hasil  belajar siswa dalam menentukan sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas VI C SD Mujahidin ?"

Rumusan Masalah Khusus antara lain :  

Bagaimana rencana pelaksanaan pembelajaran penggunaan alat peraga tusuk sate dalam menentukan sifat-sifat bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI C SD Mujahidin  ?

Bagaimana pelaksanaan pembelajaran penggunaan alat peraga tusuk sate dalam menentukan sifat-sifat bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI C SD Mujahidin ?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun