SURAKARTA - Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bekerjasama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Cabang Surakarta melakukan pitching branding UMKM, pada Kamis (5/1/2023) di Auditorium Moh Djazman UMS.
Kegiatan tersebut merupakan salah satu luaran dari mata kuliah "Branding" yang ada di Prodi Ilmu Komunikasi UMS.
Dosen mata kuliah tersebut, Fasichah Tia Nur, M.I.Kom., menyebutkan ada 6 kelompok mahasiswa yang memaparkan ide strategi brandingnya dalam mendampingi UMKM.
Setiap presentasi dari mahasiswa, akan diuji oleh 4 panelis dari para pengurus HIPMI Cabang Surakarta yang memiliki pengalaman dalam dunia bisnis.
"Saya berharap kolaborasi ini mampu memperkuat perekonomian masyarakat," ujar Vava, sapaan akrabnya.
Selanjutnya, dari 6 kelompok akan terpilih 3 kelompok yang berhak mendapatkan biaya pendampingan UMKM, masing-masing sebesar Rp2 juta.
Sementara Kaprodi Ilmu Komunikasi UMS, Sidiq Setyawan, M.I.kom., mengatakan kerjasama antara Prodi Ilmu komunikasi UMS dengan HIPMI, diharapkan bisa menumbuhkan minat mahasiswa untuk berwirausaha.
"Teman-teman mahasiswa kemudian bisa belajar berbisnis dan nantinya akan didampingi oleh para praktisi dari HIPMI," ungkapnya.
Ketua HIPMI Cabang Surakarta, Guruh Adi Novianto memberikan motivasi kepada para mahasiswa untuk berwirausaha. Menurutnya, jika ingin menjadi pengusaha, maka harus siap dengan ketidaknyamanan.
"Karena menjadi pengusaha harus mau keluar dari zona nyaman. Sehingga akan terbentuk mental pengusaha yang tangguh," ujar Guruh.