Mohon tunggu...
Rismawati
Rismawati Mohon Tunggu... Guru - Universitas Negeri Malang

Sekali-kali jangan pernah mengaku paling suka membaca, jika menulis satu kalimat saja kamu tau bisa.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

PPG Prajabatan Bidang Studi Pekerjaan Sosial Mengadakan Workshop Pembuatan APE di SMK N 2 Malang

31 Maret 2024   22:31 Diperbarui: 31 Maret 2024   22:34 269
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rabu, 27 Maret 2024 mahasiswa PPG Prajabatan Bidang Studi Pekerjaan Sosial Universitas Negeri Malang Angkatan I Tahun 2023 Mengadakan Workshop Pembuatan APE (Alat Permainan Edukatif) kepada Peserta Didik Vokasi Lansia Bidang Keahlian Pekerjaan Sosial SMK N 2 Malang. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka proyek kepemimpinan PPG Prajabatan. Workshop pembuatan APE ini dilakukan dari pukul 08.00-12.00 WIB di SMK N 2 Malang. Workshop ini akan diadakan selama 2 hari, yaitu hari pertama pada Rabu, 27 Maret 2024 yang telah diadakan ini, dan hari kedua pada Jumat, 19 April 2024.

Peserta workshop pembuatan APE ini terdiri dari peserta didik kelas XI Pekerjaan Sosial bidang vokasi anak. Workshop dibuka langsung oleh Ketua Bidang Keahlian Pekerjaan Sosial SMK N 2 Malang, yaitu Ibu Andarwati. Beliau sangat mendukung kegiatan workshop ini karena sangat relevan dengan kelas vokasi anak. "Melalui kegiatan workshop pembuatan APE ini diharapkan siswa mampu berpikir kritis dan kreatif dalam membuat alat permainan edukatif yang sesuai dengan usia perkembangan anak" tutur beliau dalam pembukaan workshop. Sebelumnya, Kepala Sekolah SMK N 2 Malang, Bapak Hari Mulyono juga sangat mendukung kegiatan ini diadakan.

Sumber: Dokumen pribadi
Sumber: Dokumen pribadi

Worksop pembuatan APE ini terdiri dari 2 kegiatan, yaitu kegiatan pemaparan teori dan kegiatan praktik pembuatan APE. Kegiatan pemaparan teori diberikan oleh mahasiswa PPG Prajabatan Bidang Studi Pekerjaan Sosial, yaitu Rini Meylinawati dan Mitri Sopiatun. Materi yang diberikan berupa pengenalan pertama mengenai anak usia dini dan kebutuhannya berdasarkan usia perkembangan. Kegiatan praktik dilakukan setelah pemaparan teori. APE yang dibuat berfokus utama untuk perkembangan motoric kasar anak usia dini. Pembuatan APE dibagi menjadi 5 kelompok berdasarkan jenis APE yang dibuat. Setiap kelompok diberikan lembar kerja untuk membuat perancanaan yang akan dilakukan pada workshop hari kedua. Adapun kelima kelompok tersebut dikoordinatorkan oleh satu orang mahasiswa PPG Prajabatan di dalamnya.

Adapun jenis APE yang dibuat ada 5 jenis:

  • Ular Tangga Mengenal Hewan 

Alat permainan edukatif pertama yang akan dibuat adalah ular tangga mengenal angka. Dapat kita ketahui sebelumnya permainan ular tangga merupakan permainan papan diperuntukkan untuk anak-anak yang dapat dimainkan oleh 2 orang atau lebih. Biasanya permainan ini tujuannya untuk mencapai finish melewati berbagai rintangan berupa adanya pemain lain di kotak yang sama dan juga berada di kotak mulut ular. Namun permainan ular tangga yang akan dibuat kali ini berupa permainan ular tangga untuk mengenal hewan.

Cara mainnya tetap sama, namun aturannya berbeda menyesuaikan usia anak di TSA Samuphahita, yaitu untuk anak usia 1-1.5 tahun. Aturan mainnya adalah ketika anak berada di kotak yang mempunyai gambar hewan, maka dia didampingi pengasuhnya menirukan suara dan gerakan hewan yang ditempati. Untuk aturan lainnya sama seperti permainan ular tangga pada umumnya, yaitu ketika berada di kotak tangga, maka dia bisa menaiki tangga tersebut, ketika di kotak mulut ular, maka dia akan turun kotak. Manfaat lain dari permainan ular tangga mengenal hewan adalah:

  • Membantu anak untuk mengenal hewan yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari
  • Membantu anak mengenal dan menirukan suara hewan, serta memperagakan gerakan yang mirip dengan hewan yang biasa ditemui di kehidupan sehari-hari.
  • Melatih kemampuan otot kaki anak untuk berjalan saat permainan ular tangga dimainkan
  • Melatih konsentrasi anak ketika harus mengambil langka dalam permainan ular tangga.
  • Color Guessing Board

Permainan Color Guessing Board atau papan warna ini merupakan permainan untuk membantu perkembangan motorik kasar anak dalam hal memegang dan menempel. Selain membantu perkembangan motorik kasar, permainan ini juga untuk membantu perkembangan kognitif anak dalam mengenal warna.

Cara main Color Guessing Board  atau papan tebak warna ini adalah anak disuruh untuk menempelkan warna yang dibuat dalam bentuk bulat dari triplek dan kain flanel ke papan sesuai warna yang dimaksud. Ini akan membantu anak dalam menggerakkan tangannya dan melatih daya ingatnya.

  • Color Balls Jar

Permainan color balls jar atau disebut sebagai bola warna warni dalam toples merupakan alat permainan edukatif fokus ke perkembangan motoric kasar anak yang mempunyai manfaat untuk melatih konsentrasi anak dalam mengenali warna yang berbeda. Permainan ini dimainkan dengam cara memindahkan bola warna warni dari satu keranjang ke toples berlobang yang lain sesuai interupsi warna yang disuruh oleh guru atau pengasuh. Manfaat yang bisa didapatkan anak adalah anak mampu meningkatkan gerak tangan dan kaki anak dalam memindahkan bola sesuai dengan warna. Ini jelas sekali akan membantu perkembangan motoric kasar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun