Mohon tunggu...
Risma oktavia
Risma oktavia Mohon Tunggu... Akuntan - Seorang akuntan yang menyukai dalam hal penulisan artikel, puisi dan juga novel.

Hobi membaca dan menonton sejarah dan fakta menarik mengenai hal hal unik di dunia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Super Bangga! Bahasa Indonesia Menjadi Salah Satu Bahasa Tersulit untuk Dipelajari

27 Juni 2023   00:44 Diperbarui: 27 Juni 2023   01:06 176
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahasa Indonesia jadi salah satu bahasa tersulit untuk dipelajari.Pasti Indonesia memang dikenal dengan strukturnya yang sederhana dan ringkas, yang berbeda dengan bahasa bahasa lain yang punya struktur grammar yang kompleks dan sulit secara sekilas mempelajari bahasa Indonesia tampak mudah karena ketiadaan bunyi bunyian yang menjadi elemen dalam bahasa Indonesia.Layaknya bahasa seperti Thailand, Mandarin dan Korea yang justru melibatkan bunyi bunyi pengucapan berdasarkan situasi maksud dan lawan bicara yang dihadapi.

Namun hal yang mengagetkan pun justru datang dari bahasa kebanggaan kita yang dituturkan. Lebih dari 250 juta pengguna ini ternyata banyak orang asing, baik bule.Maupun orang asing lainnya yang merasa kesulitan untuk bisa mempelajari bahasa Indonesia hingga bisa berbicara persis seperti native speaker atau penutur asli bahasa Indonesia. Sehingga tidak jarang kita lihat bahwa banyak warga asing yang bisa berbahasa Indonesia dan mempelajarinya cukup lama, namun tetap saja mereka tidak bisa.

Makasih seperti orang Indonesia asli. Berbeda dengan orang Indonesia yang justru mampu berbicara seperti penutur asli bahasa Inggris, bahasa Jerman, bahasa Prancis, Jepang, Mandarin, korea, arab, dan lain sebagainya. Tanpa perbedaan kentara sedikitpun. Hal ini bisa kita dengar dari testimoni beberapa orang asing tentang bahasa Indonesia.

Testimoni pertama datang dari.Pria Eropa bernama cak andres ia mengatakan, ketika saya pertama kali tiba di Indonesia, saya mulai belajar bahasa Indonesia ketika saya tinggal di Jepang 40 tahun sebelumnya, tampaknya cukup mudah untuk belajar bahasa dan dapat berkomunikasi dengan mudah dengan orang Jepang menginjak usia 40 tahun. 

Dan inilah masalah yang saya hadapi.Dalam kegagalan saya untuk belajar bahasa Indonesia, usia tampaknya menghambat saya dengan semakin sulitnya memahami berbagai hal, dibutuhkan usaha berulang untuk mempelajari kata kata bahkan hanya kata dasar saja di rumah saya berbicara bahasa Inggris, istri saya yang orang Indonesia pun berbicara bahasa Inggris di rumah kami.Dia telah menghabiskan 38 tahun di Amerika dan bahasa Inggris menjadi bahasa utamanya. Orang orang yang saya temui terus menerus meminta saya untuk berbicara bahasa Inggris karena mereka ingin belajar atau berlatih bahasa Inggris mereka.

Sementara orang orang Indonesia tempat saya belajar bahasa Indonesia tidak pernah hanya menggunakan satu dialek. Mereka bisa menggunakan bahasa Indonesia.Dan menyisipkan begitu banyak kata kata lain dari bahasa daerah, mulai dari Jawa, sunda, Bali dan bahasa bahasa daerah lainnya. Ini bisa sangat membingungkan bagi seseorang yang ingin mencoba belajar bahasa Indonesia bagi penutur bahasa Inggris seperti saya hal terberat, saya adalah berpikir bagaimana untuk menyusun kalimat yang benar.

Semakin hari saya memang dapat memahami lebih banyak tentang kata kata yang bisa diucapkan. Saya memutuskan sejak awal bahwa saya akan melakukannya. Kata demi kata kosakata saya telah berkembang, tetapi saya masih berdarah darah dalam penempatan. Kata kata itu dalam urutan yang tepat untuk bisa dipahami dengan benar.

Testimoni selanjutnya yang datang dari wanita asal Amerika with lala lindsey. Saya tidak setuju bahasa Indonesia sangat mudah untuk dipelajari sampai tingkat menengah. Tetapi jika anda ingin berdebat dengan politisi dan berbicara dengan jurusan filsafat sampai jam 2:00 pagi itu menjadi sangat sulit. 

Ini bukan hanya soal mengetahui kosakata ada segudang ekspresi dan istilah yang terus berubah.Menambah fakta bahwa sebagian besar percakapan bersifat implisit atau tersirat tidak eksplisit atau tidak menyatakan secara langsung, sehingga harus disimpulkan sendiri oleh yang terlibat dalam komunikasi serta orang orang suka bermain game dengan banyak makna yang disimpulkan, terutama jika mereka mencoba membingungkan orang asing yang mengira dia berbicara bahasa dengan baik.

Anda harus menjadi imigran atau penduduk tetap setidaknya selama 20 tahun di Indonesia untuk berbicara bahasa yang benar benar dapat dimengerti oleh pendengar dengan iq tinggi di Indonesia. Dan faktanya ada banyak orang pintar di Indonesia. Anda perlu tahu tentang film musik, cerita rakyat dan pepatah tahayul.Dan kepercayaan umum sejarah Indonesia, cara hidup di kota dan di desa, dan lain sebagainya.

Testimoni berikutnya datang dari pria asal bulgaria hatva athve saya bukan ahli bahasa atau mahasiswa studi bahasa tetapi beberapa tahun belajar bahasa arab inggris Presiden Indonesia membuat saya mengamati beberapa perbedaan dalam bahasa Indonesia, Inggris dan arabia. Bahasa Indonesia tidak memiliki gender dalam sintaksnya. Ini membuat bahasa Indonesia sekilas lebih mudah. Bahasa Indonesia tidak memiliki terlalu banyak bentuk tegang yang menambah kerumitan sintaksis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun