Mohon tunggu...
Riski Apita
Riski Apita Mohon Tunggu... Lainnya - Riski

Bandung

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Pengalaman Belajar Matematika Bersama Wingeom dan Cabri

18 Mei 2014   16:14 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:24 346
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Assalamualaikum wr.wb.

Perkenalkan nama saya Riski Apita Kelas XI TKI A SMK Negeri 1 Wanareja. Disini saya akan berbagi pengalaman tentang belajar matematika bersama aplikasi Wingeom dan Cabri.

Aplikasi Wingeom dan Cabri ini diperkenal oleh guru matematika saya yaitu Bapak Lukas Sumarno. Setelah dulu beliau memperkenalkan aplikasi geogebra sekarang beliau memperkenalkan aplikasi yang menurut saya baru yaitu Wingeom dan Cabri. Sama seperti pada Geogebra, pertama saya bingung dengan penggunaan  aplikasi Wingeom dan Cabri apalagi saat belum tau apa fungsi dari menu-menu yang terdapat pada aplikasi tersebut.  Tapi setelah terbiasa dengan Wingeom dan Cabri saya mulai mengerti penggunaan aplikasi tersebut.

Wingeom dan Cabri  ini cukup membantu dalam belajar matematika karena keduanya mempunyai cara yang lebih praktis , cepat , dan juga menyenangkan. Hasilnya pun selalu tepat dan bisa membantu dalam pengerjaan manual. Wingeom dan Cabri ini kami gunakan dalam membantu belajar Geometri 3 Dimensi.

Disini saya akan sedikit memperkenalkan apa itu Wingeom dan Cabri. Langsung saja :

1.Wingeom

Wingeom merupakan salah satu perangkat lunak computermatematika dinamik (dynamic mathematics software) untuk topik geometri.

Program ini dapat digunakan untuk membantu pembelajaran geometri dan

pemecahan masalah geometri.

Menjalankan Program Wingeom

Dengan melakukan klik dua kali pada file yang telah didapatkan dengan cara

di atas, maka jendela program Wingeom akan muncul seperti gambar di bawah ini :

Jendela utama Wingeom memuat dua menu utama yaitu Window dan Help.

a.Menu Window

Menu Window memuat beberapa submenu seperti:

1)2-dim

Membuka program Wingeom untuk geometri dimensi dua.

2)3-dim

Membuka program Wingeom untuk geometri dimensi tiga.

3)Hyperbolic

Membuka program Wingeom untuk geometri hiperbolik

4)Sperical

Membuka program Wingeom untuk geometri bola.

5)Voronai

Membuka program Wingeom untuk diagram voronai.

6)Guess

Membuka program Wingeom untuk memprediksikan macam-  macam transformasi    yang mungkin dengan menggunakan dua buah segitiga.

7)Tesselation

Membuka program Wingeom untuk menampilkan macam–macam pengubinan dari bangun-bangun geometri dimensi dua.

8)RGB demo

Membuka program Wingeom untuk simulasi pencampuran warna RGB.

9)Open last

Membuka kembali  file  yang    terakhir dibuka  saat  program dijalankan

10)Use defaults

Mengembalikan tampilan ke settingan awal.

11)Exit

Keluar dari program Wingeom.

b.Help

Menu Help terdiri dari submenu help, tips dan about. Submenu help beisi tentangketerangan penggunaan program secara umum, submenu tips menampilkan tip-tipdalam menjalankan program Wingeom, sedangkan submenu about berisi tentanginformasi identitas dan sumber program Wingeom. Tampilan jendela submenuAbout dapat dilihat pada Gambar

1400378203447400738
1400378203447400738

Untuk menjalankan sub menu 2-dim dapat dilakukan dengan meng-klik:

Window > 2-dim (tanda “>” di sini berarti “dilanjutkan”), maka akan muncul

tampilan jendela 2-dim seperti Gambar berikut :

1400378241882779881
1400378241882779881



Untuk menjalankan sub menu yang lain seperti 3-dim, Voronoi, Guess,

Tesselation, dapat dilakukan dengan cara yang sama seperti untuk 2-dim di atas.

Jika sub menu 3-dim dijalankan, maka akan muncul jendela dengan

tampilan seperti dalam Gambar Berikut :

1400378311681215531
1400378311681215531

2.Cabri

Cabri 3D merupakan software yang memiliki banyak icon menu yang dapat digunakanmenjelaskan materi aljabar, analasis, geometri dan trigonometri. Sesuai dengan gambar dibawah ini Cabri 3D memiliki 6 menu meliputi file, edit, display, document, window danhelp.

Tampilan awal dari Cabri

14003785601467465924
14003785601467465924

14003785862142675539
14003785862142675539



Ini lah menu yang terdapat pada Cabri

14003786481211280323
14003786481211280323

Setelah mengenal aplikasi Wingeom dan Cabri selanjutnya saya menggunakan keduanya untuk menyelesaikan soal matematika yang berhubungan dengan Geometri. Contohnya adalah menghitung volume kubus pada Wingeom dan  membuat jaring-jaring kubus pada Cabri.

Dan inilah langkah-langkahnya :



MENGHITUNG VOLUME KUBUS PADA WINGEOM

1.Buka  Wingeom terlebih dulu.

2.Pada menu Window pilih 3-dim

1400378678103808546
1400378678103808546

3.klik Unit > Polyhedral > Box, dan mengisisubmenu rectangular box yang menyatakan panjang rusuk yang kita inginkan.Misalnya rectangular box tersebut length, width dan height kita isi dengan 3,berarti kubus yang muncul mempunyai ukuran panjang rusuk 3 satuan panjang. Setelah mengisi lalu kita klik ok.

1400378715409036877
1400378715409036877

14003787521404013965
14003787521404013965

4. Dan ini lah kubus yang dibuat

1400378783504780393
1400378783504780393



5.Untuk mewarnainya kita pilih menu Edit > Linear Elements . Kemudian muncul kotak dialog Edit Linear Item. Untuk mewarnainya kita pilih sisi mana yang akan diwarnai, lalu klik color dan pilih warna. Begitupun selanjutnya untuk sisi yang lain.

14003788251495831920
14003788251495831920

6.Untuk mecari volume kita gunakan menu meas. Lalu akan mucul kotak dialognya. Disini kita isikan perkalian dari sisinya yaitu CD x CD x CD. Lalu tekan enter, volume akan muncul di pojok kiri.

7.Untuk memberi judul ataupun tulisan tambahan kita dapat langsung meng klik kanan pada tepat yang akan diberi tulisan.

140037888348306188
140037888348306188



8.Dan inilah volume kubus yang dicari menggunakan Wingeom

1400378915310900738
1400378915310900738



MEMBUAT JARING-JARING KUBUS MENGGUNAKAN CABRI



1.KlikRegular Tetrahedronlalu pilihcube.Untuk membentuk kubus pada bilang, klik sembarang titik pada bidang kemudian tarik. Kubus dapat di edit dengan mengembalikan kursor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun