Pendidikan Profesi Guru (PPG) memegang peranan penting dalam persiapan calon guru untuk memasuki dunia pendidikan yang dinamis. Salah satu matakuliah dari PPG adalah kegiatan praktek pengalaman lapangan (PPL) yang memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam konteks pengajaran di sekolah.Â
Capaian pembelajaran PPL diantaranya adalah mahasiswa terampil menyusun rancangan pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi yang akan dicapai. Namun, sebagai guru pemula, mahasiswa PPG masih mengalami kesulitan dalam menyusun rancangan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, yang mendukung kreatifitas, keaktifan, dan critical thinking siswa.
Perkembangan teknologi yang pesat, khususnya AI (Artificial Intelligence) dalam pendidikan menawarkan berbagai peluang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan membantu mahasiswa sebagai calon guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.
 Melalui bantuan AI, mahasiswa PPG dapat meningkatkan personalisasi pembelajaran, menghemat waktu dan tenaga, memberikan dukungan yang lebih baik kepada siswa, dan meningkatkan aksesibilitas pendidikan.Â
Dalam proses penyelenggaran PPG, Kemendikbud mempersiapkan fasilitas pada pembelajaran yang inovasi dan efektif  yaitu berupa LMS. LMS atau Learning Management System adalah sebuah platform digital yang dirancang khusus untuk mendukung proses pembelajaran, penyediaan konten pembelajaran, serta pelacakan dan penilaian kinerja peserta didik dalam suatu institusi atau organisasi.Â
Melalui LMS, mahasiswa mendapatkan efisiensi dan kemudahan dalam merancang pembelajaran, bahkan LMS memungkinkan mahasiswa untuk melacak penilaian siswa.
Tim peneliti dari UM dengan ketua Dr. Indriati Nurul Hidayah, S.Pd.,M.Si, disertai anggota Mahmuddin Yunus, S. Kom, M. Cs., Dr. Yuni Rahmawati, S.T., M.T., Herlina Ike Oktaviani, S. Pd., M. Pd., dan  Lucky Tri Oktoviana, S.Si.,M.Kom  mengembangkan LMS berbantuan AI untuk membantu mahasiswa PPG dalam merancang modul ajar.Â
Melalui AI, mahasiswa PPG dapat meningkatkan personalisasi pembelajaran, menghemat waktu dan tenaga, memberikan dukungan yang lebih baik kepada siswa, dan meningkatkan aksesibilitas pendidikan. Tim peneliti mengembangkan platform digital serupa  LMS yang disematkan ke sipejar UM.
Dalam sipejar yang digunakan oleh mahasiswa PPG yang melaksanakan PPL, terdapat tutorial cara memanfaatkan AI untuk Menyusun RPP, Menyusun LKS, Menyusun Asesmen Penilaian, Menyusun Media Pembelajaran, Menyusun Instrumen Penilaian, Menyusun Peta Konsep, dan Menyusun Soal HOTS. Berikut tampilan sipejar yang sudah dikembangkan.