Mohon tunggu...
Riska Hidayati
Riska Hidayati Mohon Tunggu... Guru - Riska

Hamasah!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Layanan Bimbingan Belajar Pada Peserta Didik

13 November 2019   22:01 Diperbarui: 22 Juni 2021   13:59 6903
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Memahami Layanan Bimbingan Belajar Pada Peserta Didik (unsplash/taylor-wilcox)

Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, maka diperlukan penyesuaian komponen yang ada dalam pendidikan, salah satunya adalah komponen bimbingan dan konseling. 

Menurut Juntika (Tohirin, 2009:12) bimbingan merupakan bagian integral dari proses pendidikan dan memiliki kontribusi terhadap keberhasilan proses pendidikan. 

Kedudukan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar dalam sistem pendidikan di Indonesia sudah diatur secara khusus dalam Permendikbud Nomor 111 tahun 2014 pasal 10 ayat (1) yang berbunyi : 

Penyelenggarakan bimbingan dan konseling pada SD/MI atau yang sederajat dilakukan oleh konselor atau guru bimbingan dan konseling. (Jurnal ilmiah, 2016)

Dalam proses pembelajaran pasti ada beberapa masalah yang dihadapi oleh siswa. Untuk menangani masalah belajar perlu pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling bidang bimbingan belajar. 

Nah kali ini kita akan membahas terlebih dahulu apa pengertian dari bimbingan belajar, tujuan bimbingan belajar, ragam masalah belajar, dan faktor penyebabnya.

Pengertian Bimbingan Belajar

  • Menurut United States Office of Education (Arifin, 2003), memberikan rumusan bimbingan sebagai kegiatan yang terorganisir untuk memberikan bantuan secara sistematis kepada peserta didik dalam membuat penyesuaian diri terhadap berbagai bentuk problema yang dihadapinya, misalnya problema kependidikan, jabatan, kesehatan, sosial, dan pribadi. 
  • Dalam pelaksanaannya, bimbingan harus mengarahkan kegiatannya agar peserta didik mengetahui  tentang diri pribadinya sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.
  • Menurut Prayitno, dkk. (2003) mengemukakan bahwa bimbingan adalah pelayanan bantuan untuk peserta didik, baik secara perorangan maupun kelompok agar mandiri dan berkembang secara optimal, dalam bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan belajar, dan bimbingan karier, melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung, berdasarkan norma-norma yang berlaku.
  • Menurut James O. Whittaker (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar ; Rineka Cipta; 1999) Belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman.
  • Robert M. Gagne dalam buku: the conditioning of learning mengemukakan bahwa : "Learning is change in human disposition or capacity, which persists over a period time, and which is not simply ascribable to process a growth." 
  • Belajar adalah perubahan yang terjadi dalam kemampuan manusia setelah belajar secara terus menerus, bukan hanya disebabkan karena proses pertumbuhan saja. 
  • Gagne berkeyakinan bahwa belajar dipengaruhi oleh faktor dari luar diri dan faktor dalam diri dan keduanya saling berinteraksi.
  • Ahmadi dan Supriyono (1991) memaparkan bahwa kemampuan belajar pada setiap individu siswa tidak sama, ada yanng cepat dan ada yang lambat menangkap isi pelajaran. Perbedaan individual itulah yang menyebabkan perlunya bimbingan belajar. Oleh karena itu kita sebagai calon pendidik harus mengetahui hakekat dari bimbingan belajar tersebut.
  • Dari beberapa pendapat diatas, bimbingan belajar adalah sebuah layanan bimbingan dimana siswa bisa mengembangkan diri supaya sikap serta kebiasaan belajar menjadi baik, disertai dengan materi belajar yang cocok dengan kecepatan dan kesulitan belajar atau dapat mengatasi kesulitan belajar.

Baca juga : Yuk, Belajar Menjalani Kehidupan Orang Dewasa dari Karakter Siswa Tiap Tingkatan di Sekolah!

Tujuan Bimbingan Belajar

  • Program bimbingan yang dirumuskan bagi siswa yang bertujuan untuk membantu siswa dalam masalah pembelajaran sehingga meningkatkan motivasi berprestasi. 
  • Program yang disusun baik dan matang memberikan banyak keuntungan bagi siswa yang mendapatkan layanan, serta akan memberikan keuntungan bagi calon pendidik yang melaksanakan.
  • Melalui program bimbingan belajar dapat memberikan manfaat bagi siswa untuk memberikan kesempatan siswa yang satu dengan yang lainnya mendapatkan bimbingan secara seimbang, baik dalam kesempatan maupun jenis layanan. 
  • Selain itu, melalui program bimbingan belajar, setiap siswa dappat memperoleh layanan bimbingan.
  • Secara global, tujuan bimbingan belajar menurut Muhibin Syah (2004:23) adalah untuk tercapainya penyesuaian akademis secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki siswa. 
  • Adapun secara khusus, tujuan bimbingan belajar adalah sebagai berikut :
  • Siswa dapat memahami dirinya, misalnya siswa dapat memahami kualitas dan kelemahan dirinya. Hal ini dapat tercapai jika siswa bebas untuk mengungkapkan dan mewujudkan dirinya.
  • Siswa memiliki keterampilan belajar, misalnya keterampilan membuat pertimbangan atau pengambilan keputusan. Siswa harus dikenalkan dan dilatih pada situasi permasalahan rumit yang harus siswa alami agar dapat memberi pertimbangan dan menemukan penyelesaian paling tepat.
  • Siswa mampu memecahkan masalah belajar, misalnya bagaimana cara menyelesaikan persoalan kreatif, tidak cukup hanya untuk mengemukakan segala gagasan atau menghasilkan sejumlah kemungkinan penyelesaian masalah. Untuk dapat membuat  pilihan, siswa harus mempunyai alasan dan patokan yang relevan untuk menilai yang terbaik.
  • Terciptanya suasana belajar yang kondusif bagi siswa. Kondisi lingkungan yang dapat memupuk kemampuan siswa yaitu terlebih dahulu guru memahami siswa dan memberikan pengertian dengan mencoba menempatkan diri dalam situasi dan sudut pandang siswa.
  • Siswa memahami lingkungan pendidikan, misalnya bagi peserta didik yang baru masuk pada sekolah tertentu masih merasa asing dan perlu diberi pengarahan serta bimbingan cara belajar, tata tertib belajar, struktur kepemimpinan sekolah, dan lain-lain.

Baca juga : Metode Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun