1. Situasi
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah :
- Rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas VI SDN Sumberarum.
- Rendahnya pemahaman peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas VI SDN Sumberarum.
- Kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru.
- Pentingnya mengenai Pembelajaran Abad 21 yang mencakup 4 kompetensi yaitu Kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah, Kreatif, Kemampuan berkomunikasi dan Kemampuan bekerja sama.
Praktik ini penting dibagikan karena karena berdasarkan latar belakang masalah tersebut praktik baik ini penting dibagikan agar ketika bapak/ibu guru menemukan masalah yang sama, maka best practice ini digunakan sebagai acuan untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Peran dan tanggung jawab dalam hal ini adalah saya sebagai Guru kelas VI di SDN Sumberarum yang memiliki peran dan tanggung jawab untuk :
- Merancang pembelajaran menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif sesuai dengan jaman sekarang ini.
- Menggunakan Media Pembelajaran yang Interaktif dengan Canva dan Genially  karena dapat menghasilkan peserta didik yang mampu berpikir kritis dan kreatif.
- Memilih model inovatif yang disesuaikan dengan materi dan karakteristik peserta didik.
- Fasilitator selama pembelajaran berlangsung yang mengkolaborasikan pendekatan TaRL dengan pembelajaran berdiferensiasi.
- Membimbing, memotivasi, dan memonitor peserta didik saat bekerja individu maupun kelompok. Agar peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan.
- Tantangan
- Pengimplementasian kurikulum merdeka tidak terlepas dari masalah. Beberapa hal yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut adalah :
- Guru masih belum memanfaatkan model-model pembelajaran inovatif berdasarkan karakteristik peserta didik dan karakteristik materi yang diberikan.
- Guru belum memaksimalkan dan memanfaatkan teknologi.
- Peserta didik sulit memahami materi pembelajaran di kelas.
- Pembelajaran yang masih berpusat pada guru.
- Selain itu ada beberapa orang yang terlibat dalam aksi praktik baik ini yaitu :
- Penulis sebagai Guru Kelas VI SDN Sumberarum Kecamatan Jaken Kabupaten Pati.
- Kepala Sekolah dan rekan sejawat
- Peserta didik kelas VI
- Aksi
- Langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan adalah :
- Hal yang dilakukan guru dalam menghadapi masalah "Guru masih belum lancar dalam pengguanakan aplikasi pembuatan Media Pembelajaran Interatif menggunakan app.Genially.com dengan menggabungkan ke Canva  untuk pembuatan latihan soal" yaitu guru mulai berlatih dalam penggunaan app.Genially.com agar mudah terbiasa.
- Hal yang dilakukan guru dalam menghadapi masalah belum terbiasa dalam menggunakan pembelajaran inovatif maka guru membiasakan diri untuk menggunakan model-model pembelajaran inovatif disesuaikan dengan karakteristik peserta didik.
- Yang dilakukan guru menghadapi kesulitan dalam pemilihan media pembelajaran yang tepat dan menarikbagi peserta didik yaitu guru bisa mendaalami materi yang akan diajarkan ke peserta didik. Setelah mengetahui materi yang akan disampaikan maka guru bisa menentukan media apa yang bisa dan cocok digunakan dalam pembelajaran.
- Strategi yang digunakan dan bagaimana pelaksanaannya adalah :
- Melakukan konsultasi dengan Kepala Sekolah untuk menyusun perangkat yang akan digunakan.
- Lebih fokus dalam pembelajaran yang berpusat pada peserta didik pada saat pembelajaran.
- Memilih dan menggunakan model dan metode pembelajaran yang tepat.
- Menggunakan media pembelajaran interaktif dan pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level)
- Proses dalam kegiatan ini adalah :
- Membuat dan menerapkan Modul Ajar dalam pembelajaran berdiferensiasi.
- Menerapkan metode pembelajaran (Ceramah, Diskusi Kelompok, Tanya Jawab, Penugasan)
- Menggunakan media pembelajaran interaktif yaitu  Genially, Canva, dan PPT sehingga membuat peserta didik tertarik.
- Melengkapi sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan pembelajaran yaitu dengan Media Kartu Kuartet dan membuat evaluasi dengan permainan Hanger Norma
Yang terlibat pada kegiatan ini adalah Guru sebagai fasilitator dan peserta didik sebagai objek pelaksanaan aksi, observer, dan teman sejawat berperan sebagai kameramen.
- Sumber daya atau materi yang diperlukan dalam pelaksanaan aksi strategi yaitu Media, Alat, dan Sumber Belajar yaitu : Laptop, LCD, HP, Headphone, MPI (Canva, Genially), Kartu Kuartet, LKPD, Buku Peserta Didik Kelas VI.
- Refleksi Hasil dan Dampak
- Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan yaitu :
- Kegiatan berjalan lancar sesuai dengan perangkat atau modul ajar yang telah disiapkan.
- Guru lebih percaya diri dalam melaksanakan pembelajaran.
- Peserta didik lebih bersemangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
- Tercapainya tujuan pembelajaran.
Hasil dari praktik baik ini terbukti bahwa :
- Peserta didik memahami materi yang disampaikan ini terlihat dari jawaban evaluasi siswa, lebih dari 95 % siswa menjawab benar semua.
- Â Peserta didik terlibat antusias dan aktif pada saat pembelajaran, ini terlihat saat di dalam kelompok seluruh anggota kelompok kerja dan dalam penggunaan media pembelajaran interaktif.
- Kegiatan pembelajaran "Student Center" pada peserta didik.
- Tujuan pembelajaran disimpulkan tercapai, ini dilihat dari nilai perbandingan pretest peserta didik yang hanya 40% siswa yang nilainya di atas KKM dan untuk nilai posttest 93% siswa nilainya diatas KKM.