FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS//AKUNTANSI//UNIVERSITAS PALANGKARAYA//Riska yulandariÂ
                               Â
                                          Â
     PASAR MONOPOLISTIK DAN PASAR                        OLIGOPOLI
1. PASAR MONOPOLISTIK
  Pasar monopolistik ( bisas disebut juga pasar persaingan monopolistik ) merupakan jenis pasar persaingan tidak sempurna. yaitu pasar dengan banyak produsen yang menghasilkan suatu komoditas yang sama namun berbeda karakteristiknya. Penjual pada pasar monopolistik tidak ada batas, tetapi setiap suatu produk yang dihasilkan pasti memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan prodak yang lainnya. Contoh prodaknya adalah : shampoo, parpum, pasta gigi, sabun mandi, handuk, berbagai kebutuhan sehari-hari dan lain sebagainya.
PENGERTIAN PASAR MONOPOLISTIK
  Seperti yang kita ketaui didalam pasar momopolitik banyak sekali penjual yang menawarkan dagangan yang serupa( homogen). Tetapi produk yang dijualkan dibedakan dengan kualitas, bentuk dan juga ukuran barang. selain itu semua penjual yang ada harus bersaing semaksimal mungkin. Prodak yang dijual dipasar ini memiliki kualitas,harga dan juga ukuran yang berbeda-beda meski dalan suatu jenis prodak yang sama. penjual biasanya menentukan harga yang tetap sehingga tidak menggunakan mekanisme pasar.
Pasar monopolistik pada dasarnya merupakan suatu pasar yang ada di antara dua jenis pasar yang lumayan ekstrim. Yaitu pasar monopoli dan pasar persaingan. Maka dari itu pasar jenis ini masih mengandung unsur atau sifar yang berasal dari pasar persaingan monopoli dan juga pasar persaingan sempurna.
    CIRI CIRI PASAR MONOPOLISTIK :
Memiliki jumlah penjual atau produsen yang sangat banyak