Telah dilaksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang bertempat di Educational Hotel SMKN 2 Bukittinggi dan berlangsung sukses pada tanggal 29 September 2024. Kegiatan ini melibatkan guru dan siswa dalam pengembangan teknologi sistem informasi, bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan hotel pendidikan tersebut. Kegiatan ini merupakan kerjsama Program Studi D3 Perhotelan Telkom University dengan SMKN 2 Bukittinggi.Â
Fokus utama dari kegiatan ini adalah pengembangan dan implementasi sistem booking online berbasis website yang terintegrasi dengan baik, sehingga mampu mendukung operasional hotel secara efisien. Sistem booking online yang dihasilkan memudahkan calon tamu untuk memesan kamar secara mudah melalui platform digital. Sistem ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan, termasuk informasi ketersediaan kamar secara real-time, metode pembayaran yang beragam, dan mudah untuk digunakan.
pelatihan teknis kepada guru dan siswa untuk mengelola serta mengembangkan sistem secara mandiri di masa mendatang. Dengan hasil yang dicapai, diharapkan sistem booking online ini dapat menjadi model yang dapat diadopsi oleh institusi pendidikan lain yang memiliki unit usaha serupa. Educational Hotel SMKN 2 Bukittinggi kini siap memberikan layanan yang lebih modern dan profesional berkat dukungan teknologi yang dihadirkan melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini.
Sebagai bagian dari hasil kegiatan ini, tim pengabdian masyarakat juga menyusun buku panduan operasional sistem tersebut. Buku panduan ini dirancang untuk membantu admin dan pengguna dalam mengoperasikan sistem, mencakup petunjuk teknis mulai dari pengelolaan data hingga prosedur pemesanan. Dengan adanya panduan ini, diharapkan sistem dapat digunakan secara optimal oleh seluruh pihak terkait. Selain implementasi sistem, kegiatan ini juga memberikanBaca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H