Anak-anak merupakan penerus bangsa yang dimana ada masa emas yang membuat mereka mudah dalam memahami sesuatu. Mereka juga yang akan mengembangkan budaya dalam berlitersi nantinya, Oleh karenanya, pembinaan literasi harus dilakukan sejak dini guna mengembangkan kemampuan empat keterampilan berbahasa. Perkembangan literasi sendiri didapat dari keluarga dan lingkungan sosialnya, makadari itu, perlu adanya upaya dalam membina literasi pada anak secara menarik.Â
Siswa SD Negeri Karya Jadi adalah salah satu sekolah di Desa Karya Jadi, Kecamatan Tabukan, Kabupaten Barito Kuala yang tingkat literasi pada anak kelas awal masih perlu dikembangkan. Selain itu, siswa-siswa masih memerlukan edukasi secara menarik tentang profesi dan hidup sehat yang dimana literasi teribat penting, yang tentunya harus dikemas secara menarik dan kreatif.Â
Dari hal tersebut, dapat dilihat bahwa perlu adanya upaya yang memantik semangat anakanak dalam berliterasi. Salah satu upaya dilaksanakannya kegiatan ini adalah Pembinaan Literasi dan Dinding Mimpi. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri Karya Jadi sebagai bentuk upaya yang dikemas secara menarik dan disukai anak-anak.Â
Dimulai dengan pembacaan dongeng inspiratif yang berkaitan tentang anak hidup sehat, dilanjutkan dengan literasi numerasi dengan bernyanyi, menari sambil berhitung. Selain itu, adanya kegiatan literasi budaya dan kewarganegaraan yang mengenalkan lagu nasional khususnya khas Kalimantan selatan.Â
Kemudian, anak-anak diarahkan untuk menuju dinding mimpi yang di mana anak-anak meolesi tangannya dengan cat warna-warni yang dicapkan di spanduk warna putih. Dibagian bawah cap tangan masing-masing anak akan ditulis cita-cita mereka. Dinding mimpi ini sebagai bentuk simbol anak-anak bahwa nantinya cita-cita mereka akan tercapai. Kegiatan ini di ikuti anak-anak dengan semangat dan antusias yang tinggi ketika kegiatan berlangsung.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H