Metaverse merupakan kombinasi dari kata "meta" yang artinya virtual dan "verse" yang mengacu pada kata universe yaitu dunia. Kata ini pertama kali muncul pada novel Snow Crash yang dipublikasikan pada tahun 1992.Â
Metaverse dikembangkan berdasarkan virtual reality sebelum pandemi COVID-19, dan ketika pandemi dimana terdapat pembatasan aktivitas di luar rumah dan pembatasan untuk berkumpul, metaverse menjadi semakin berkembang.
Salah satu kampus universitas di luar negeri sudah mengimplementasikan suatu ruang virtual menggunakan platform metaverse untuk mengukur perilaku siswanya.Â
Contoh dari platform metaverse antara lain Zepeto, Roblox, Gather town, Fortnite dan lain-lain. Keempat platform metaverse tersebut memberikan pengalaman bagi penggunanya berdasarkan lingkungan grafis 3D dan program studio yang berperan sebagai alat pengembangan. Pengguna dapat membuat lingkungan virtual yang dapat dikustomisasi menggunakan alat studio tersebut.
Keempat platform metaverse tersebut merupakan platform metaverse dengan pengguna terbanyak secara global. Banyak perusahaan yang menggunakan metaverse untuk mempromosikan produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan tersebut. Platform metaverse yang berhubungan dengan kelas adalah
Classcraft merupakan platform pembelajaran dimana murid secara individu dapat membuat avatar mereka masing-masing dan dapat memilih profesi (warrior, wizard, dan healer). Siswa dapat memperoleh poin setiap kali mereka memecahkan masalah.Â
Poin yang didapatkan digunakan untuk membuka ketrampilan (skill) baru. Setiap profesi memiliki ketrampilan khusus. Contoh ketrampilan khusus adalah mengontrol air conditioning, makan di kelas dan lain-lain.
Walaupun saat ini aplikasi berbasis metaverse belum banyak diketahui dan dirasakan seberapa besar manfaatnya, namun memanfaatkan metaverse layak untuk dicoba untuk memaksimalkan pembelajaran masa kini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H