Banyak sekali keluhan orang tua saat anak awal masuk di kelas 1 SD. Salah satu keluhan yang banyak disampaikan yaitu mengenai konsentrasi anak yang pendek. Kurang konsentrasi untuk memperhatikan instruksi dari guru maupun untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Sedangkan saat anak sedang bermain atau menonton TV, anak-anak sangat konsentrasi bahkan sampai berjam-jam.
Saat anak-anak terlihat tidak konsentrasi, beberapa kondisi yang orang tua harus amati, antara lain :
1. Durasi : lamanya konsentrasi (5 menit? 10 menit?)
2. Setting : di setting mana anak terlihat tidak konsentrasi (dalam situasi belajar? dalam situasi bermain?)
3. Kemampuan memahami informasi : paham setelah 1x instruksi? pengulangan instruksi? perlu disertai contoh kongkrit? kemampuan dalam menyelesaikan tugas-tugas?
4. Kemampuan mengelola gerak : kemampuan duduk tenang di kursi, kebutuhan gerak anak (sangat aktif? cenderung pasif?)
5. Kemampuan mengelola emosi : perilaku anak saat kondisi tidak sesuai dengan keinginan
6. Kemampuan dalam interaksi : sangat aktif dengan teman sebaya/lebih tua/lebih muda, aktif/pasif saat berada di lingkungan baru, cenderung banyak bicara/ minim bicara, impulsif/tidak impulsif, bersedia menunggu antrian/ tidak sabar menunggu antrian, suka memotong pembicaraan dsb
Dengan berbagai keluhan seperti tidak bisa fokus, tidak bisa duduk diam maka banyak sekali kemungkinan penyebab tidak konsentrasi. Misalnya terkait akademik, ada anak yang merasa soal-soal terlalu mudah atau terlalu sulit, sehingga mereka merasa bosan, menghindar, atau tidak menyelesaikan tugas.Â
Terkait kebutuhan fisik, ada anak tidak fokus karena mengalami kendala pada indra pendengaran, indra penglihatan. Terkait emosi sosial, ada anak yang tidak fokus karena tertarik dengan mainan teman, ingin ngobrol sama teman, dst. Dalam beberapa kasus, ada juga anak tidak konsentrasi karena mengalami gangguan tumbuh kembang seperti anak dengan Intellectual Disability (ID), Autism Spectrume Disorder (ASD), Learning Disabilities, Attention Deficit Disorder/Attention Deficit and Hyperactive Disorder (ADD/ADHD). Artinya banyak kemungkinan penyebab anak-anak tidak konsentrasi.Â
Saat anak dibawa ke psikolog, psikolog akan  melakukan assesment pada fungsi eksekutif anak-anak. Fungsi eksekutif berkaitan dengan ketrampilan komponen kognitif yang berfungsi untuk meregulasi (mengendalikan dan mengarahkan), dan memunculkan kesadaran dalam pikiran, perasaan, tingkah laku dalam mencapai suatu tujuan aktivitas di setting kehidupan (Branstter, 2014) (Rief, 1993)