Mohon tunggu...
Risa Sondari Aprilantina
Risa Sondari Aprilantina Mohon Tunggu... -

Solo Backpacker, Konseptor, Pecinta Hujan, senja dan green tea.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Liburan di Jepang dengan Budget Minim? Bisa!

26 September 2016   11:06 Diperbarui: 26 September 2016   11:28 225
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cosmo World Yokohama - Jepang | Dokumentasi pribadi

Liburan yang paling berkesan buat saya adalah liburan musim dingin awal tahun kemarin. Dimana biasanya saya hanya melakukan Solo Backpacker ke berbagai negara di Asia Tenggara saja, kali ini saya berhasil menjelajah ke negeri sakura jepang tepatnya Tokyo. Perjalanannya masih sama, saya menjelajahi negera ini sendiri dan dengan budget seminim mungkin.

Bagaimana caranya bisa berhemat di salah satu negara termahal di dunia? Apakah bisa?

Jawabannya “YA!!!”

Ada 3 hal yang bisa kita tekan pengeluarannya yaitu, Makan, Akomodasi dan Transportasi.

Untuk makan saya berhemat dengan membeli makanan saat after 9 pm dimana banyak supermarket yang menjual makanan dengan diskon bisa sampai 50% - 70%. Dimana saya membelinya untuk makan malam dan sarapan (yang bisa kita hangatkan dalam microwave). Cara ini bisa sangat menekan biaya pengeluaran kita dan tak lupa membawa beberapa makanan dari rumah bisa menambah penghematan kita.

Akomodasi di jepang terbilang sangat mahal. Untuk kamar dormitory saja harganya udah seperti kelas hotel kalo di Asia Tenggara. Tapi gak ada yang gak mungkin, dengan berbekal searching di sana sini akhirnya bisa juga mendapatkan promo hostel murah.

Hanya dengan 280 ribu per malam (dengan harga normal 600 ribu) saya berhasil mendapatkan hostel dengan harga murah. Hostel ini masih baru dan waktu saya booking hostel ini memang sedang mengadakan promo besar karna masih dalam masa ‘opening’ (Alhamdulillah... rezeki anak sholehah hihi).

Karna budget pengeluaran harus saya tekan lagi, satu malam saya harus mencari penginapan yang jauh lebih murah lagi dari harga hostel itu. Dan akhirnya saya memutuskan untuk menginap di Internet Cafe. This place is not bad, I still feel comfortable here.

Ada banyak keuntungan yang bisa di dapat, dengan 200 ribu rupiah kita bisa menginap di sini sampai pagi, menikmati internet sepuasnya, membaca komik sepuasnya (tapi hal ini gak saya lakuin karna udah pasti pake bahasa jepang semua saya gak ngerti.. hehe) dan bisa menikmati minuman sepuasnya juga (Alhamdulillah.....). tempat ini juga aman untuk Female Solo Traveling soalnya beberapa internet cafe ada female room nya juga jadi jauh lebih safe.

Oh iya, jangan di bayangin internet cafe di jepang sama kayak internet cafe di sini yah. Kalau di jepang internet cafe punya banyak pilihan ruangan, ada yang bisa sambil tiduran ada juga yang pakai kursi pijat (Very comfortable...).  Untuk review hostel dan gimana rasanya menginap di internet cafe akan saya bahas nanti yah.

Nah untuk masalah yang terakhir yang harus bisa kita hemat adalah Transportasi. Apalagi yang kita tau penerbangan dari indonesia ke jepang itu gak murah. Belum lagi biaya transportasi selama liburan di sana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun