Mohon tunggu...
Risa Apriliyani
Risa Apriliyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jurusan Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tips Produk Viral TikTok Jembatan UMKM Meraup Untung

1 Desember 2023   21:50 Diperbarui: 1 Desember 2023   22:19 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Internet merupakan bukti dari kemajuan teknologi yang semakin canggih di era digital ini. Internet menjadi penghubung antara orang-orang dari berbagai belahan dunia untuk dapat berkomunikasi langsung tanpa bertatap muka. Salah satu bentuk yang ditawarkan dari internet adalah media sosial. Media sosial bukanlah suatu hal yang asing lagi di kalangan masyarakat, baik dari anak-anak hingga orang dewasa telah menggunakannya dengan alasan adanya kemudahan bagi para penggunanya dalam menyebarkan dan memberikan informasi secara cepat serta adanya kebebasan dalam menberikan tanggapan secara terbuka.

Saat ini tiktok sebagai aplikasi di media sosial yang sedang naik daun terbukti menurut data yang bersumber dari Databoks pengguna TikTok di seluruh dunia mengalami kenaikan 15,3% dari kuartal I yang sebelumnya sebanyak 1,2 juta orang menjadi 1,4 miliar orang. Bahkan kini apalikasi ini telah menjadi sebuah trend dan budaya populer yang digemari oleh masyarakat indonesia. Dalam hal ini Generasi milenial memiliki andil yang cukup besar karena anak milllenial sangat intens dan aktif dalam mengikuti perubahan perkembangan teknologi baru. Terlebih akibat dari efek pandemi Covid-19 yang menjadikan masyarakat banyak menghabiskan waktu di rumah sehingga penggunaan intensitas internet juga mengalami peningkatan oleh karena itu untuk mengisi waktu luangnya masyarakat menyalurkan kreatifitasnya di aplikasi tiktok ini.

Melihat fenomena tersebut ini menjadi peluang bagi para UMKM untuk memasarkan produknya di tiktok. Pemasaran suatu produk di tiktok merupakan sebuah bentuk promosi digital. UMKM adalah sebuah bisnis atau usaha yang dimiliki oleh individu, rumah tangga maupun badan usaha yang pengahasilan pendapatanya masih tergolong kecil. Pemasaran bagi suatu produk dalam dunia usaha merupakan hal penting tujuannya untuk menarik minat beli konsumen terhadap produk karena dengan begitu konsumen akan mengenal secara lebih dalam terhadap produk tersebut. Memasarkan suatu produk di tiktok menjadi sebuah pilihan yang efektif apalagi tiktok menjadi aplikasi media sosial yang paling di gemari oleh masyarakat maka ini akan memudahakan produk tersebut dapat cepat terkenal secara luas.

Tiktok memiliki fitur For You Page alias FYP merupakan sebuah halaman yang berisikan rekomendasi kumpulan konten vidio yang akan tampil di penggunanya berdasarkan riwayat yang telah di sukai atau di dilihatnya. Dalam mepromosikan sebuah produk di tiktok maka cobalah untuk menjadikan konten vidio tersebut menjadi FYP. Vidio FYP akan muncul di seluruh pengguna tiktok jika telah memenuhi algoritmnya meskipun tidak mengikuti akun pembuat vidio tetapi tetap akan tetap muncul maka dari itu vidio yang ada di tiktok dapat dengan mudah populer atau viral.

Inilah tips agar vidio yang diunggah di akun tiktok menjadi FYP

  • Ketika mengunggah vidio sertakanlah hastag yang sedang populer sehingga kontennya dapat denga mudah akan ditemukan oleh lebih banyak pengguna tiktok dan konten vidionya akan lebih terorganir.
  • Selalu mengikuti perkembangan tren konten yang populer karena jika tren tersebut sedang populer maka biasanya masyarakat akan senang melihat konten-konten seperti itu sehingga kemungkinan untuk FYP-nya lebih besar.
  • Gunakan latar suara musik dalam vidio yang sedang viral tujuannya untuk membuat konten menjadi lebih mudah dilihat orang selain itu juga untuk menjadikan vidio lebih menarik dan tidak membosankan.
  • Rutin dalam mengakses vidio di tiktok karena dengan begitu banyak vidio yang diunggah akan membuat banyak peluang kesempatan agar salah satu vidionya menjadi FYP lalu serng menggugah akan membuat banyak orang untuk mengujungi akun tiktoknya sehingga vidio yang lamanya pun akan di tonton lagi oleh mereka.  

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media sosial tertuma apalikasi tiktok saat ini menjadi sebuah wadah dalam mempermudah para UMKM untuk memasarkan produknya dalam menjangkau lebih luas lagi pangsa pasarnya karena dengan aplikasi tiktok mampu menjangkau orang-orang tanpa batas waktu dan wilayah. Hal tersebut jelas sangat menguntungkan dalam segi bisnis. Kemudahan dalam mempromosikan suatu produk di aplikasi ini dengan cara buatlah vidio dengan konten yang semenarik mungkindan jadikanlah vidio tersebut menjadi FYP agar viral sehingga menarik minat konsumen untuk membelinya dan tentunya ini akan membuat UMKM menjadi kebanjiran orderan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun