Mohon tunggu...
Risal Gantizar Gifari
Risal Gantizar Gifari Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Administrasi Pendidikan - Teknisi Hardware Komputer & Operator Data - Pelaksana Manajemen Pendidikan

Saya adalah seorang Dosen sekaligus Pegawai Honorer, maklum istilah orang Sunda itu saya 'berbakat' alias 'bakat ku butuh' (saking butuhnya) untuk menyambung hidup, jadi saya mengambil dua pekerjaan sekaligus, hehe... Saya senang membaca dan menulis, juga hobi main game dan kadang LIVE game balap Rally di TikTok, nama akunnya @tag.yaz (Uncle_Boomer~80s😎)

Selanjutnya

Tutup

Games

Tips Jago Balap di Dirt Rally 2.0 dengan Setup VR Wheel dan Handbrake

1 Agustus 2024   17:15 Diperbarui: 1 Agustus 2024   17:35 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Games. Sumber ilustrasi: Unsplash

Hai, para racers! Buat kalian yang udah main DiRT Rally 2.0 pake kontrol steering wheel, USB Handbrake, dan headset VR, pasti udah ngerasain gimana serunya ngebut di lintasan rally dengan setup kayak gini. Tapi, gimana sih caranya biar bisa nguasain mobil FWD, RWD, dan AWD/4WD dengan perangkat canggih ini? Yuk, kita bahas teknik-tekniknya biar kalian makin jago di dunia balap virtual!

Pertama, mari kita bahas tentang FWD alias Front-Wheel Drive. Mobil ini andalkan roda depan buat ngedrive, dan kalo pake steering wheel, kalian bisa ngerasain gimana sensitifnya setir saat belok. Tantangan utama dari FWD adalah *understeer*, yaitu kondisi dimana mobil terasa susah belok kalo kecepatan terlalu tinggi. Nah, tipsnya, saat belok, jangan buru-buru gas pol. Rem dulu buat ngurangin kecepatan, lalu pelan-pelan kasih gas sembari putar setir. Rasakan setiap getaran di steering wheel, dan gunakan feeling kalian buat ngerasain traksi ban di lintasan. Dengan USB Handbrake, kalian juga bisa lebih presisi buat ngatur kapan harus nge-drift, terutama pas belok tajam.

Kalau kalian pake headset VR, pengalaman main FWD ini bakal makin seru. Kalian bisa bener-bener ngerasain gimana pandangan dari balik kemudi, melihat tikungan dengan presisi, dan ngerasain sensasi seperti duduk di kursi pengemudi. Ini bisa bantu kalian buat ngerasain kapan harus nge-rem dan kapan bisa tancap gas. Mulai latihan di trek yang lebih gampang dulu buat nguji setelan dan adaptasi dengan perangkat yang kalian punya.

Selanjutnya, kita bahas RWD alias Rear-Wheel Drive. Dengan steering wheel, kalian bakal lebih ngerasain sensasi mobil yang suka *oversteer* alias gampang belok terlalu banyak. Ini jadi tantangan sendiri buat ngejaga mobil tetap di lintasan. Tipsnya, pas mau belok, pastikan rem dulu sambil rasain tiap gesekan ban di setir. Abis itu, pelan-pelan kasih gas. USB Handbrake bisa jadi sahabat terbaik kalian buat kontrol drift dan ngejaga mobil tetap stabil di tikungan.

Dengan headset VR, kalian bakal lebih waspada sama gerakan mobil dan medan lintasan. Ini ngebantu kalian buat liat seberapa jauh posisi mobil dari batas lintasan dan kapan harus ambil keputusan buat nge-drift atau ngerem. Latihan di trek yang lebih mudah bisa bikin kalian makin paham cara ngendaliin RWD dan ngeksplorasi gimana rasanya ngeloyor pas oversteer.

Terakhir, mari kita bahas si tangguh AWD/4WD. Mobil ini punya keunggulan traksi di segala medan, bikin kalian lebih pede buat ngebut. Dengan steering wheel, kalian bisa lebih ngerasain stabilitas mobil waktu melewati berbagai medan. Kalian bisa lebih berani mainin gas karena mobil ini lebih stabil, tapi jangan lupa tetep kontrol dengan rem dan handbrake. USB Handbrake bisa bantu kalian buat ngatur momen nge-drift dengan lebih akurat, terutama pas medan licin.

Pake headset VR di AWD/4WD bikin kalian lebih bisa ngerasain perubahan medan dan bagaimana mobil bereaksi di setiap permukaan. Ini bikin kalian lebih siap buat ngambil keputusan cepat di lintasan. Jangan lupa buat terus eksperimen dengan berbagai setelan mobil biar nemuin yang paling cocok sama gaya main kalian.

Buat ngedapetin pengalaman maksimal, kalian juga perlu rajin ngoprek setelan di dalam game. Coba-coba aja atur suspensi, tekanan ban, dan lainnya biar sesuai sama gaya balap kalian. Jangan takut buat eksperimen, karena ini bagian dari proses buat jadi lebih jago. Tiap jenis mobil punya karakteristik unik yang harus kalian pahami, dan perangkat kayak steering wheel, USB Handbrake, serta headset VR bisa jadi alat yang bikin pengalaman main makin realistis dan seru.

Ingat juga buat selalu belajar dari setiap balapan. Kalau ada kesalahan, jangan putus asa. Review lagi rekaman balapan kalian buat liat di mana letak kesalahan dan cari cara buat memperbaikinya. Ini bisa bikin kalian jadi lebih paham strategi balapan dan cara ngendaliin mobil di berbagai kondisi lintasan.

Dan yang paling penting, jangan lupa buat have fun! Nikmati setiap detik di lintasan, rasakan sensasi balap yang mendebarkan, dan terus tingkatin skill kalian. DiRT Rally 2.0 dengan semua perangkat canggih ini menawarkan pengalaman balapan yang gak ada duanya, jadi manfaatin sebaik mungkin dan jadilah pembalap rally yang paling keren! Gaspol, bro! Selamat berlatih dan semoga sukses di setiap balapan!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Games Selengkapnya
Lihat Games Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun