LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi : TK BINA ANAPRASA I SIDOARJO
Lingkup Pendidikan : PAUD
Tujuan yang ingin dicapai : Dengan menggunakan berbagai bahan bekas dapat meningkatkan ide kreatif anak Â
Penulis: Risaatul Lailiyah, S. Pd.
Tanggal : PPL AKSI Â : 31 Oktober 2022 dan PPL AKSI perbaikan : 2 November 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
- Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:
- Motivasi belajar anak yang kurang maksimal
- Media yang digunakan kurang menarik
- Bahan yang digunakan kurang variatif
- Pembelajaran belum berbasis PBL dan PjBL
- mengapa praktik ini penting untuk dibagikan:
- Supaya ada perubahan dalam pembelajaran khususnya di TK Bina Anaprasa I Sidoarjo
- apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini:
- saya berperan menjadi pendidik, yang melaksanakan tugas mengajar dengan memiliki tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Saya mengawali kegiatan merancang perangkat pembelajaran berdasarkan:
- karakteristik anak dalam belajar
- materi pembelajaran yang akan disampaikan
- penggunaan sumber belajar
- penggunaan media pembelajaran yang inovatif
- model pembelajaran (PBL/PjBL) yang akan digunakan sesuai dengan materi pembelajaran
   Project Based Learning adalah sebuah metode pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Metode ini menuntut siswa untuk dapat melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.