Mohon tunggu...
Raden AnnarisaAlanta
Raden AnnarisaAlanta Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya adalah mahasiswi universitas Islam negeri sunan Ampel Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pentingnya Kompetensi Profesional Guru dalam Pembentukan Karakater Anak Usia Dini

15 Mei 2024   19:36 Diperbarui: 15 Mei 2024   19:38 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pentingnya Kopetensi Profesional Guru Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini

Pendidikan anak usia dini merupakan pondasi penting bagi perkembangan seorangan individu. Pada tahap ini, anak-anak tidak hanya memperlajari keterampilan dasar seperti membaca, menulis dan berhitung, tetapi juga membentuk karakter dan kepribadian mereka. Oleh karena itu peran guru PAUD sangat penting dalam memberikan bimbingan dan arahan yang tepat bagi anak-anak, salah satu factor kunci dalam keberhasilan proses Pendidikan anak usia dini adalah kompetensi profesional guru. 

Kompetensi ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dimiliki oleh seorang guru untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Berikut adalah beberapa alas an mengapa kompetensi profesional guru sangat penting dalam pembentukan karakter anak usia dini;

1.Pemahaman tentang Perkembangan Anak

Guru PAUD yang kompeten memiliki pemahaman mendalam tentang tahapan perkembangan anak, baik secara fisik, kognitif, emosional, maupun sosial. Dengan pemahaman ini mereka dapat merancang kegitan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuuhan an kemampuan anak, sera memberikan bimbingan yang tepat dalam mengembangkan karakter positif.

2.Keterampilan mengajar yang efektif

Guru yang kompeten memiliki keterampilan mengajar yang efektif seperti kemampuan mengelola kelas, berkomunikasi dengan baik, menggunakan metode pembelajaran yang kondusif, dimana anak merasa aman, Nyman, termotivasi, dan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.

3.Pemodelean perilaku positif

Guru paud yang kompeten menyadari bahwa mereka menjadi teladan bagi anak-anak mereka berperilaku dengan cara yang mencerminkan nilai-nilai positif seperti kejujuran. Rasa hormat, tanggung jawab, dan empati. Dengan demikian anak-anak dapat mengamati dan meniru perilaku posifitif ini yang pada akhirnya akan membentuk karakter mereka 

4.Pendekatan pembelajaran yang hoistik 

Guru yang kompeten memahami bahwa pembentukan karakter anak usia dini tidak hanya terjadi melalui pembelajaran akademik semata. Tetapi juga melalui pengalaman dan interaksi sosial. Oleh karena itu, mereka menggunakan pendekatan pembelajaran yang holistic, yang mencakup kegiatan bermain, bersosialisasi, dan eksplorasi lingkungan sekitar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun