Mohon tunggu...
Riris Adelina
Riris Adelina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Hobi saya bernyanyi dan bermain alat musik

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Metro TV: Stasiun Televisi Pemberitaan yang Berkualitas & Berimbang Mengikuti Perkembangan Digital

1 Oktober 2024   19:40 Diperbarui: 1 Oktober 2024   19:48 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Industri televisi di Indonesia telah mengalami perkembangan dan persaingan yang sangat pesat khususnya pada era digital saat ini. Hadirnya teknologi yang canggih, telah mengubah segala sistem dan konsep yang ada pada stasiun televisi berita. Metro TV menjadi salah satu media pemberitaan yang mengikuti perkembangan yang ada dan dipercaya sebagai penyalur informasi dan edukasi yang berkualitas dan berimbang. Selain itu, Metro TV menggunakan sistem yang konsisten serta beradaptasi mengikuti era digitalisasi. Persaingan yang terjadipun tidak memengaruhi keberadaan Metro TV sebagai pilar pemberitaan yang menyajikan berbagai program yang sangat variatif.

Metro TV merupakan stasiun televisi pemberitaan bersifat profit yang hadir pada tanggal 25 November 2000 dan menjadi yang pertama di Indonesia serta termasuk dalam bagian perusahaan Media Group. Kemudian, media ini juga memiliki berbagai jenis program menarik dan berfokus pada isu tertentu secara kritis, seperti yang berkaitan dalam aspek sosial budaya, politik, ekonomi, olahraga, perkembangan teknologi, bahkan kesehatan. Segala bentuk isu yang dibahas akan sesuai dengan fakta di lapangan, memiliki standar jurnalisme, telah memenuhi tahap-tahap tertentu yang bertujuan untuk mencerdaskan bangsa. Metro TV hadir secara komperehensif dengan penggunaan berbagai bahasa, yaitu Indonesia, Inggris, dan Mandarin. Hal ini dapat mendorong Metro TV dikenal keberadaannya secara global.

Logo & Tagline Metro TV        sumber: website Metro TV
Logo & Tagline Metro TV        sumber: website Metro TV

Metro TV menjadi salah satu media yang mengalami perubahan yang relatif cepat, dilakukan sebagai penyesuaian terhadap target pasar yang ada. Perubahan tersebut terlihat dari hadirnya berbagai jenis program dalam media sosial. Sistem dan konsep yang berubah akan memudahkan para masyarakat dalam proses konsumsi berita yang telah dikemas oleh Metro TV. Media sosial yang  digunakan seperti YouTube, Instagram, X. Selain itu, Metro TV juga menggunakan media website yang menghadirkan sistem Live Streaming yang bernama Live Metro TV dan BN Channel. Live Streaming tersebut dilakukan sebagai bentuk pemanfaatan teknologi serta publik dapat menyaksikannya secara langsung dalam waktu yang sama. Dengan adanya sistem Live Streaming, publik dapat mengikuti secara langsung dan seperti berada pada lokasi yang sama.

Penggunaan media sosial pada Metro TV dapat memudahkan seluruh kalangan dalam mengonsumsi berita. Media sosial YouTube digunakan sebagai alat penyebaran informasi dengan durasi yang lebih panjang dibandingkan media sosial lainnya. Metro TV juga menggunakan fitur Live Streaming pada akun media sosial YouTubenya.Penggunakan media sosial YouTube dapat membantu publik dalam proses pengaksesan berulang tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Selain itu, Metro TV mengikuti perkembangan dengan penggunaan sistem Shorts pada YouTube dengan durasi singkat yang kreatif, dikemas secara padat dan menggunakan berbagai judul berita yang menarik. Akun media sosial Youtube milik Metro TV juga menyajikan berita dengan konsep podcast yang mengundang para aktor maupun pihak terkait topik yang dibahas.

Metro TV  melakukan penyebaran informasi dengan bantuan media sosial Instagram. Penggunaan media sosial Instagram dapat dimanfaatkan sebagai media interaktif dan dominan memberi kesan visual, yang mana publik dapat memberikan opini atau argumen pada kolom komentar yang tersedia untuk menanggapi beberapa postingan berita yang berkaitan dengan masyarakat dan negara. Selain itu, pada media sosial Instagram membantu Metro TV dalam melakukan sistem Live Streaming. Penggunaan media sosial Instagram dapat menjadi upaya dalam melakukan penyebaran informasi dengan spesifikasi target yaitu anak muda. Hal ini dibuktikan dari pengamatan, bahwa konsumsi tertinggi pada Instagram adalah para anak muda.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun