Mohon tunggu...
Ririn Sucianti
Ririn Sucianti Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

mahasiswa universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosialisasi Marketplace bagi Para UMKM di Kampung Bhineka RW 11 Ngagel Rejo

13 Desember 2022   12:23 Diperbarui: 18 Desember 2022   14:37 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Minggu (11/12/2022) Kampung Bhineka merupakan konsep dari RW 11 keluarahan Ngagel Rejo kota Surabaya. Yang dimana konsep ini mencoba menyatukan keberagaman yang ada di RW 11 Ngagel Rejo. Mulai dari ragam suku, ragam budaya, ragam agama, dsb. Tidak hanya itu, jenis UMKM di sana pun beragam. Tidak hanya UMKM di bidang makanan saja namun juga ada UMKM di bidang kerajinan seperti tas rajun, lilin aroma terapi, baju atau topi dari kain perca, dsb. 

Marketplace adalah sebuah platformatau tempat di mana berbagai jenis penjual dengan produk yang berbeda bisa berkumpul untuk menjual produknya ke pelanggan. Marketplace merupakan salah satu bentuk pemasan online yang sangat penting untuk digunakan oleh para UMKM di era digital ini.

Salah satu keberagaman yang ad di RW 11 Ngagel Rejo merupakan jenis UMKM. UMKM di RW 11 Ngagel Rejo rata-rata masih menggunakan pemasaran berbasis offline yaitu dari mulut ke mulut. Mereka masih belum begitu mengerti mengenai pentingnya market place atau pemasaran secara online untuk usaha yang meraka jalankan. Hampir 60% UMKM di RW 11 Ngagel Rejo juga masih belum memiliki legalitas usaha yang dimana legalitas usaha sebenarya bisa membantu para UMKM untuk memasarkan produk meraka melalui e-peken. E-peken merupakan pasar online yang dibuat oleh pemerintah kota Surabaya untuk membantu memasarkan produk para pelaku UMKM dan toko kelontong.

Untuk membantu menambah pendapatan perkapita warga RW 11 Ngagel Rejo, penulis yang merupakan salah satu peserta KKN NR 04 RW 11 Ngagel Rejo di UNTAG Surabaya serta di bimbing oleh DPL ibu Noorshanti Sumarah, mencoba memberikan sosialisasi mengenai pentingnya market place bagi para pelaku UMKM di kampung bhineka RW 11 Ngagel Rejo. Sosialisasi ini di sampaikan kepada anggota karang taruna yang ada di RW 11 Ngagel Rejo. Hal ini bertujuan untuk mengaktifkan kembali karang taruna di RW 11 Ngagel Rejo. 

Market place ini akan di operasikan oleh anggota karang taruna, yang dimana mereka akan bekerja sama dengan para UMKM yang ada di RW 11 Ngagel Rejo. Hasi atau keuntungan yang di dapat akan di bagi. Sehingga hal ini tidak hanya menambah pendapatan UMKM yang ada di RW 11 Ngagel Rejo, juga bisa menambahkan pendapatan kas RW 11 Ngagel Rejo.

Hasil dan luaran yang dicapai setelah kegiatan KKN ini berupa publikasi media massa yang akan teruploud di kompasiana beserta rekaya social yang akan merubah metode pemasaran dari offline ke metode pemasaran secara online.

#kampungbhineka #marketplacr #sosialisasi #rw11 #ngagelrejo #surabaya #KitaUntagSurabaya #UntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoKampus #KampusKompeten

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun