Saat ini teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan. Salah satu manfaat penggunaan teknologi pada era modernisasi juga berdampak pada pelaksanaan pembelajaran sehari-hari. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang berbasis teknologi dalam pembelajaran B.Inggris. Hal ini bisa dilakukan dengan alat teknologi dan komunikasi dalam pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru atau dosen yakni sosial media
Terutama ketika pandemi Covid-19 melanda, seluruh masyarakat di dunia diharuskan untuk dapat menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Metode Pembelajaran yang mengharuskan siswa menggunakan sosial media tentu memiliki beberapa dampak yang dapat dirasakan oleh siswa maupun guru dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Salah satu dampak positif dari metode ini adalah dengan kemajuan Teknologi siswa mampu memahami materi-materi yang belum bisa tersampaikan dengan baik oleh guru, karena dengan bantuan Teknologi siswa dapat secara mudah mencari informasi tambahan yang mereka dapatkan dari berbagai media pembelajaran seperti YouTube, Tiktok, dan media lainnya. Kini siswa dapat dengan mudah mempelajari Bahasa Inggris karena terdapat banyak akun sosial media yang dapat melatih siswa dalam menghapal vocabulary, grammar, bahkan bisa melatih kemampuan conversation siswa.
Dibalik banyaknya manfaat yang dapat dirasakan pengguna sosial media dalam pembelajaran Bahasa Inggris, tentu metode ini juga memiliki beberapa dampak negatif. Hal ini bisa terjadi ketika siswa tidak mampu bersikap skeptic serta kritis terhadap sesuatu hal yang baru. Pada intinya, proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efisien jika siswa menggunakannya untuk hal-hal yang baik.Â
Bahasa Inggris akan lebih mudah dipelajari jika siswa dapat mempraktekkan ilmu yang ia peroleh. Namun bukan berarti penggunaan sosial media tidak berpengaruh terhadap pembelajaran. Sosial media bisa digunakan sebagai bahan ajar tambahan yang bisa diperoleh siswa kapanpun, dan dimanapun. Â
Dibalik maraknya penggunaan sosial media, komunikasi langsung antara guru dengan siswa, atau sesama siswa juga memilki peran penting serta efektif karena pada pembelajaran langsung, siswa dapat melatih kepercayaan dirinya dalam kemampuan berbicara, kemampuan mendengar, membaca, dan menulis. Oleh karena itu kita harus mampu menyeimbangkan penggunaan sosial media, dan pembelajaran langsung yang diperoleh dari guru dalam pembelajaran Bahasa Inggris agar pembelajaran bisa dipahami dengan maksimal.
Nama     : Ririn Mahriatus Solihat
NIM Â Â Â Â Â : 2223210012
Subject   : Kurikulum dan Pembelajaran
Dosen    : Dr. Murti Ayu Wijayanti, M.Pd.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H