Zygmunt Bauman, seorang sosiolog Polandia yang memulai karirnya di Universitas Warsawa setelah buku dan artikelnya dilarang pada tahun 1968, diberhentikan dari institusi tersebut. Bauman lahir di Polandia pada 19 November 1925. Dia membangun kembali karirnya di Inggris pada tahun 1971 setelah berhenti di Kanada, AS, dan Australia. Dia adalah pensiunan profesor sosiologi di Universitas Leeds dan Warsawa. Bauman menilai isu dan protes yang meletus di berbagai belahan Eropa dan belahan dunia lainnya. Dia mengusulkan perubahan drastis dalam perilaku sosial sebagai perbaikan untuk masalah dunia yang mendesak.
Â
Modernitas bukanlah realitas yang lengkap; itu hanya sebuah label. Modernitas mungkin memiliki beberapa arti penting, tetapi tidak selalu mampu menjelaskan sepenuhnya hubungan antara terang dan gelap. Sains dan sosiologi sama-sama menggunakan istilah modernitas, yang terpisah dari modernisme dan postmodernisme, yang biasanya dikaitkan dengan bentuk-bentuk budaya estetis. Modernitas bercita-cita untuk memiliki kontrol penuh atas semua aspek kehidupan manusia. Inilah topeng modernitas yang ingin dibuka Bauman.
Â
Menurut Bauman, ada dua tipe masyarakat yang berbeda dengan karakteristik yang dapat dipertukarkan. Struktur (masyarakat atau sosialisasi) dan anti-struktur adalah dua jenis gejala dalam masyarakat (komunitas atau sosialitas). Keberagaman, status yang tidak merata, pembedaan status, dan adanya sistem tata nama (nomen clature) merupakan ciri-ciri struktur (masyarakat atau sosialisasi). Klasifikasi dan diferensiasi adalah hasil dari sifat ini. Pengelompokan masyarakat dibagi menjadi kelompok elit dan massa dengan menggunakan klasifikasi dan diferensiasi. Yang termasuk orang-orang dari ras yang lebih rendah, yang miskin dan bodoh, dan perempuan dalam kategori massa. Moralitas cenderung menjadi wajar sebagai hasil dari sosialisasi.
Â
Komunitas dan sosialitas sebagai anti-struktur didefinisikan oleh anonimitas, kesetaraan, tanpa status, dan keseragaman. Anonim dapat dipahami sebagai kurang mementingkan diri sendiri, tujuan, dan diri autotelik).
Â
Struktur dan anti-struktur adalah dua proses yang didasarkan pada dua ide yang berbeda. Bauman menggunakan contoh bangsa untuk memperjelasnya. Tampaknya ada pemisahan yang berkembang sekarang antara politik yang berfokus pada negara dan kesejahteraan moral warga negara. Secara umum, dapat diklaim bahwa itu juga merupakan pemisahan dari sosialisasi komunal dan sosialisasi yang diatur oleh negara; perceraian ini tampaknya tidak mungkin untuk dibatalkan. Bauman menyebut keadaan dunia saat ini sebagai modernitas cair. Berbeda dengan modernitas "kokoh" yang datang sebelumnya. Menurut Bauman, modernitas adalah "cair", menyediakan lingkungan baru dan belum dipetakan di mana orang menjalani hidup mereka dan menghadapi berbagai kesulitan baru.
Â
Jenis kehidupan yang tumbuh subur dalam budaya cair saat ini dikenal sebagai kehidupan cair. Suatu masyarakat dikatakan dalam modernitas cair jika masyarakatnya bertindak cepat untuk melaksanakan perubahan dan mengubah prosedur menjadi kebiasaan. Menurut Bauman, kehidupan manusia itu samar-samar dan tidak memiliki tujuan yang jelas.