Mohon tunggu...
Rini Hardiyanti
Rini Hardiyanti Mohon Tunggu... -

SMK NEGERI 1 WANAREJA

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Pengalaman Belajar Matematika dengan Menggunakan Wingeom dan Cabri

14 Mei 2014   21:58 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:31 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Assalamu’alaikum wr.wb

Hai , perkenalkannama saya RINI HARDIYANTI dari kelas XI TKI B , SMK N 1 WANAREJA, Cilacap, Jawa Tengah.

Disini saya akan sedikit berbagi cerita tentang pengalaman saya saat pelajaran matematika. Sejak saya sekolah di SMK N 1 WANAREJA, saya mendapatkan banyak pengalaman baru. Disini saya belajar matematika menggunakan bantuan software. Pada awalnya saya merasa kebingungan, karena ini adalah pengalaman pertama saya menggunakan software untuk belajar matematika. Pengenalan software sudah dimulai sejak kelas X. Dulu menggunakan geogebra. Sekarang saya sudah kelas XI, dan software yang digunakan adalah Wingeom dan Cabri.

Dengan adanya bantuan dari aplikasi ini, saat pelajaran terasa lebih menyenangkan, gak bikin jenuh dan gak membosankan. Tool-toolnya juga mudah dipahami, gak rumit. Untuk aplikasi cabri, aplikasi ini jauh lebih mudah, karena bisa langsung otomatis untuk membuat suatu bangun tertentu. Kemarin saya juga mendapat tugas untuk membuat sebuah video tutorial berkaitan dengan materi yang sudah disampaikan dengan menggunakan aplikasi wingeom. Saya membuat tutorial “Langkah membuat jaring-jaring kubus menggunakan wingeom”. Ini adalah tugas extra. Saya menggunakan aplikasi camtasia untuk membuat video tersebut. Awalnya saya kira bahwa itu sangat rumit, tapi ternyata biasa saja. Gangguan yang saya alami itu adalah banyak noise saat pembuatan. Rasa grogi adalah kendala terbesar bagi saya. Karena saya harus membuatnya berulang kali sampai saya menemukan karya yang cukup baik. Kebanyakan kesalahan yang saya alami adalah kesalahan saat pengucapan, karena rasa grogi yang saya alami. Pada saat membuat video tersebut, saya harus benar-benar mencari waktu yang tepat, harus dalam keadaan sepi.

Ini adalah link Langkah membuat jaring-jaring kubus menggunakan wingeom karya saya : http://www.youtube.com/watch?v=6Z26ko3ilm8&feature=youtu.be

Dan dari semua itu saya banyak menemukan pengetahuan lebih tentang berbagai aplikasi, khususnya aplikasi yang berkaitan dengan pelajaran matematika. Terima kasih kepada Bapak Lukas Sumarno yang telah memberikan ilmu kepada kami semua, XI TKI B. Terima kasih ya pak….. semoga bisa bertemu lagi tahun depan…. aamiin.

Cukup sekian dari saya. hehe  :D

Wassalamua’laikum wr.wb

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun