Mohon tunggu...
Rinto F. Simorangkir
Rinto F. Simorangkir Mohon Tunggu... Guru - Seorang Pendidik dan sudah Magister S2 dari Kota Yogya, kini berharap lanjut sampai S3, suami dan ayah bagi ketiga anak saya (Ziel, Nuel, Briel), suka baca buku, menulis, traveling dan berbagi cerita dan tulisan

Belajar lewat menulis dan berbagi lewat tulisan..Berharao bisa menginspirasi dan memberikan dampak

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

1001 Alasan Mengapa Bangga Jadi Orang Sumut

23 Desember 2019   03:25 Diperbarui: 23 Desember 2019   03:39 188
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bicara tentang 1001 terkadang pikiran kita langsung tertuju kepada buku yang biasa digemari oleh orang-orang yang suka mengartikan mimpi. 

Sebuah buku yang berisi tentang 1001 arti macam-macam mimpi. Sebuah mimpi yang tentunya akan punya nomor-nomor tersendiri. Baik itu mimpi tentang binatang maupun sedang melakukan apa maka tinggal membuka buku tersebut, langsung dapat nomor berapa mimpi tersebut.

Kenangan tentang buku yang satu ini sangat membekas waktu aku masih kanak-kanak dulu. Sebab kegeramaran orang tua duluku dan juga kebiasaan warga Sumut yang suka ngumpul-ngumpul di kedai, selalu mencoba keberuntungannya di tiap-tiap malam. 

Dengan memasang satu atau lebih pasangan nomor yang akan diundi dimana besoknya akan keluar nomor-nomor yang dinyatakan terpilih. Tentu sambil minum-minuman air nira ditambah dengan iringan nyanyian dan gitar yang biasanya akan terdengan hingga subuh di esok harinya.

buku 1001 mimpi (steemit.com)
buku 1001 mimpi (steemit.com)
Baik nomor dua angka, atau tiga angka sampai empat angka, masing-masing pemenang dua nomor sampai empat nomor, akan beda jumlah uang yang dimenangkannya.Biasanya seingatku jika memenangkan angka dua nomor akan mendapatkan senilai puluhan ribu. Sedangkan jika menang tiga nomor akan dapatkan ratusan ribu dan empat nomor akan dapatkan jutaan rupiah.

Dan orang yang dapatkan empat nomor ini biasanya sangat sedikit karena memang jarang-jarang orang akan mendapatkannya. Disamping peluangnya sangat kecil harus mengkombinasikan empat nomor sekaligus dibandingkan dengan hanya mengkombinasikan dua nomor saja. Makanya tak jarang Bapak-Bapak, bahkan Ibu-Ibu banyak memasang angka dua nomor.

Permainan keberuntungan ini seperti lotre menjadi semacam sebuah judi menjadi viral atau trending pada masanya dulu. Dimana lebih banyak menguntungkan pihak bandar dibandingkan masyarakat yang terlibat di dalamnya. Tapi kini penyakit yang satu ini boleh dibilang sudah hilang karena sudah tak terdengar lagi beritanya sejak lama.

Bersama rekan kerja (Dok pri)
Bersama rekan kerja (Dok pri)
Kemudian bicara tentang 1001, mengapa harus bangga menjadi orang Sumatera Utara atau orang Sumut? karena memang ada banyak alasan bagiku untuk bisa memiliki kebanggaan tersebut tertanam dalam hatiku. Tentu rasa bangga menjadi bagian warga Sumut, sama besarnya saat bangga menjadi orang Indonesia. Sebab Sumatera Utara adalah bahagian dari Indonesia juga.

Berikut alasan rasa bangga tersebut. Pertama karena memang disini aku dilahirkan. Artinya segala kenangan kecil baik senang ataupun buruk terjadi di sini. Kenangan dari peristiwa-peristiwa tersebut akhirnya bisa membentukku menjadi seperti sekarang ini.

Bicara pengalaman dari kisah masa-masa anak-anak, remaja hingga kuliah tentu akan sangat sulit dilupakan. Menghabiskan masa-masa pendidikan dari sejak pendidikan dasar hingga tingkat SMA di kota kecil Sibolga. Kemudian kuliah di pusat Ibu Kota Sumatera Utara, Medan menjadi pengalaman yang betul-betul mengajarkan arti sebuah kemandirian dan kerja keras.

Kerja keras karena harus menyelesaikan pendidikan dengan cepat, kerja keras juga harus mencukupi biaya-biaya kuliah dengan mencari kerja sampingan. Mulai menjadi buruh bangungan, mengajar les privat hingga menjadi sales, hal-hal tersebut kulakukan untuk bisa mencukupi kebutuhan pendidikan dan kebutuhan sehari-hari selama di Medan.    

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun