Mohon tunggu...
Rintar Sipahutar
Rintar Sipahutar Mohon Tunggu... Guru - Guru Matematika

Pengalaman mengajar mengajarkanku bahwa aku adalah murid yang masih harus banyak belajar

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Ketika Jan Ethes "Skak Mat" HNW

31 Januari 2019   12:23 Diperbarui: 31 Januari 2019   12:28 1785
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Dokumentasi : Tempo.co)

"Itu cucu saya, Jan Ethes cucu saya, gak boleh saya ajak main bom-bom car, gak boleh saya ajak main ke toko, gak boleh saya ajak jalan-jalan ke kebun raya, gak boleh sekeluarga bareng-bareng diminta media tv untuk diwawancarai?" (Jokowi, di Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu, 30 Januari 2019)

Keberadaan Jan Ethes yang sering menemani Jokowo dipermasalahkan oleh Wakil Ketua Dewan Penasehat Badan Pemenangan Nasional Prabowo - Sandiaga, Hidayat Nur Wahid (HNW). Menurut HNW, hal itu bisa jadi legitimasi pelibatan anak-anak dalam kampanye. 

Tentu saja hal tersebut dibantah Capres 2019, Jokowi. Jokowi menilai hal yang wajar jika seorang kakek menghabiskan waktu dengan cucunya. Keluarganya sama seperti keluarga lainnya yang memiliki hubungan antaranggota yang sangat dekat dan harmonis.

Akibat kelatahan HNW, secara tidak langsung Jan Ethes sudah men"Skak Mat"nya karena aksi blunder yang fatal. Seharusnya HNW tidak perlu "mengusik" keakraban Jan Ethes bersama kakeknya, apalagi sampai menghubung hubungkannya dengan pelibatan anak-anak dalam kampanye?

Kelatahan HNW tersebut menjadi bumerang ketika seorang warganet memberikan tanggapan:

"Saya pikir tidak ada masalah jika media meliput keakraban antara Jokowi dengan cucunya, Jan Ethes. Dengan istrinya Iriana, anak-anaknya beserta mantu dan menantunya juga. Jika Prabowo ingin menunjukkan keakraban bersama istri, anak, menantu dan cucunya di media, siapa bisa melarang?"

Nah, loh. Siapa yang bisa melarang Prabowo, ayo? Menurut saya itu hak azasi capres-cawapres. Jika Prabowo ingin menunjukkan keakrabannya bersama istri, anak, menantu dan cucunya, Bawaslu sekalipun pun tak dapat mempermasalahkannya. Yakinlah!

(RS)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun