Hasil belajar peserta didik di Sekolah saya masih rendah. Hal ini terlihat dari beberapa nilai masih ada beberapa peserta didik yang belum mencapai KKM. Selain itu itu juga peserta didik masih terlihat
- Kurang aktif bertanya dalam proses pembelajaran
- Terlihat asyik bermain dengan teman sebnagku
- Rendahnya motivasi belajar
Kondisi tersebut semakin kompleks dengan rendahnya implementasi guru dalam menggunakan media pembelajaran dan model pembelajaran inovatif di kelas. Guru juga belum memberikan perhatian dan melakukan pendekatan yang intensif kepada peserta didik dalam pembelajaran.
Praktik ini penting untuk dibagikan karena banyak guru termasuk rekan kerja di lingkungan tempat saya mengajar mengalami permasalahan seperti saya. Besar harapan saya praktik ini selain dapat memotivasi diri saya sendiri untuk mengajar lebih baik lagi, juga dapat memotivasi serta menjadi referensi guru lain untuk menggunakan media pembelajaran dan model pembelajaran yang inovatif
Dampak dari Langkah-Langkah Aksi yang Dilakukan:
- Pada saat kegiatan tanya jawab terkait video pembelajaran yang mereka amati, terlihat semua peserta didik bersuara untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan guru yang menandakan peserta didik sudah tertarik dengan kegiatan pembelajaran sehingga mereka fokus dalam mengamati video serta berani menyampaikan jawaban.
- Pada saat kegiatan diskusi dalam kelompok, terlihat sebagian besar peserta didik terlibat dalam mengerjakan LKPD. Hal ini menunjukkan adanya kerjasama dan komunikasi yang baik dalam pembagian tugas masing-masing anggota kelompok. Meskipun masih ada beberapa peserta didik yang terlihat cenderung pasif dalam diskusi kelompok
- Pada saat kegiatan mengerjakan LKPD terlihat peserta didik senang dan melibatkan diri untuk ikut membuat karya dalam kelompoknya.
- Sudah terlihat kelompok peserta didik berani untuk mengajukan diri maju ke depan untuk mempresentasikan hasil diskusi, namun kelompok lain belum ada yang bertanya/memberi sanggahan terhadap kelompok penyaji
- Jika dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran sebelum PPL, banyak peserta didik di tengah kegiatan pembelajaran izin ke luar kelas dengan alasan ke kamar mandi, namun pada saat kegiatan PPL, terlihat sepanjang kegiatan pembelajaran hanya 2 orang yang izin ke kamar mandi. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar dan rasa tidak bosan di dalam kelas. Meskipun masih ada 3 orang yang terdengar sering menanyakan jam istirahat.
Keefektifan Hasil yang Didapat:
Penilaian Sikap
Sikap yang dinilai dalam kegiatan pembelajaran ini meliputi percaya diri, tanggung jawab dan kerja sama yang dinilai menggunakan lembar observasi. Masing-masing sikap dinilai dengan menggunakan skor 4 (jika empat indikator terlaksana), 3 (jika tiga indikator terlaksana), 2 (jika dua indikator terlaksana), dan 1 (jika satu indikator terlaksana). Adapun keterangan predikat dalam penilaian sikap adalah:
Persentase
Kategori
76-100
Sangat Baik
51-75
Baik
26-50
Cukup
0-25
Kurang
Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan untuk sikap percaya diri, tanggung jawab dan kerjasama dengan persentase 53% peserta didik telah mencapai kategori sangat baik, 29% kategori baik dan 18% dengan kategori cukup.
Penilaian Pengetahuan
Ketuntasan belajar individu dapat dilihat dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yang telah ditetapkan pada kelas V Â adalah 70.