Mohon tunggu...
Rinrin Apriliani Bunyamin
Rinrin Apriliani Bunyamin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

upgrade value, dan cari uang yang banyak biar happy kiyowo

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Model Komponen Pengembangan SDM Terpadu dan Terintegratif

13 November 2024   00:19 Diperbarui: 13 November 2024   00:29 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Asumsi Model Komponen Pengembangan SDM Terpadu dan Terintegratif

       Pendekatan Sekolah Terpadu didasarkan pada gagasan bahwa pendidikan harus holistik, terpadu, dan terintegratif. Pendekatan ini menganggap bahwa pendidikan harus mencakup perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa.

       Hal ini sejalan dengan teori banyak kecerdasan Howard Gardner, yang menekankan bahwa setiap orang memiliki berbagai jenis kecerdasan yang harus dikembangkan. Pengelolaan sumber daya manusia (guru, konselor, karyawan, dll.) Menjadi pemimpin dalam manajemen program sekolah secara integratif dan holistik. 

Rancangan dan Proses Pelatihan dan Pengembangan SDM yang Efektif di Lembaga Pendidikan

       Dalam merancang model Pelatihan dan Pengembangan SDM yang Efektif di Lembaga Pendidikan, perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

  • Tujuan dan sasaran pelatihan dan pengembangan di lembaga pendidikan harus jelas dan terukur
  • Pelatih harus merupakan profesional yang berkualifikasi penuh
  • Instruksi pelatihan kejuruan harus Spesifik
  • Materi pelatihan dan pengembangan harus disesuaikan dengan tujuan

       Adapun langkah-langkah pengembangan hendaknya diperhatikan hal-hal seperti : Sasaran, Kurikulum, Sarana, Peserta, dan Pelatih. 

Model Komponen Pengembangan SDM Terpadu

       Dalam hal model pengembangan sumber daya manusia, "harus dilihat secara menyeluruh sebagai manusia yang utuh, baik aspek kepribadian, eksistensi, dan budaya secara komprehensif".

       Pendekatan Sekolah Islam Terpadu didasarkan pada gagasan pendidikan holistik, yang menganggap bahwa pendidikan harus mencakup perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Ide ini sejalan dengan teori berbagai kecerdasan Howard Gardner, yang menekankan bahwa setiap orang memiliki banyak jenis kecerdasan yang harus dikembangkan.

       Salah satu komponen penting dalam meningkatkan kinerja dan produktivitas suatu organisasi adalah pengembangan sumber daya manusia (SDM). Namun, pengembangan SDM yang efektif tidak hanya memerlukan pelatihan dan pendidikan, tetapi juga memerlukan pendekatan terpadu yang melibatkan berbagai aspek kehidupan karyawan

       Adapun komponen-komponen Pengembangan SDM Terpadu adalah : 

  • Komponen Pelatihan dan Pendidikan
  • Komponen Kesehatan dan Kesejahteraan,
  • Komponen Keseimbangan Kerja dan Kehidupan
  • Pengakuan dan Penghargaan
  • Pengembangan Karir
  • Kerjasama Tim dan Kolaborasi
  • Pengelolaan Kinerja dan Umpan Balik
  • Budaya Organisasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun