Mohon tunggu...
Rini Rohyati
Rini Rohyati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi aktif jurusan Akuntansi ,Program Studi Akuntansi Manajerial ,Politeknik Negeri Semarang

Saya adalah orang yang penuh rasa ingin tahu dan suka akan hal baru. Hobi saya adalah bermain musik dan membaca cerita fiksi.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Pengaruh Penggunaan Jasa Endorsment Terhadap Bisnis

20 November 2023   22:17 Diperbarui: 20 November 2023   23:03 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Kegiatan Endorsment (Sumber : forbes.com)

        Di zaman yang serba canggih ini,kehidupan kita tidak akan bisa terlepas dengan adanya media sosial. Dengan hanya menggunakan media sosial kita akan menemukan berbagai hal dan melakukan penyebaran informasi tanpa batas.Selain sebagai wadah untuk berbagi informasi, penggunaan media sosial juga berdampak positif pada banyak aspek, termasuk bisnis .Jika digunakan dengan benar, media sosial dapat memberikan banyak manfaat yang signifikan bagi bisnis.Oleh karena itu,para pelaku bisnis memanfaatkan hal tersebut untuk mempromosikan bisnisnya secara online.

        Cara yang efektif untuk mempromosikan bisnis adalah dengan menggunakan jasa endorsment. Menurut Economic Times, endorsement adalah suatu bentuk iklan yang dilakukan atau dipromosikan oleh seorang selebriti, tokoh masyarakat, atau seseorang yang dikenal, dipercaya, dihormati, atau berpengaruh di masyarakat. Saat ini para pelaku bisnis banyak menggunakan cara ini untuk mempromosikan bisnisnya melalui selebriti terkenal dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan. Seseorang atau selebriti yang memberikan jasa endorsment desebut sebagai endorser. Semakin terkenalnya seorang endorser,maka akan semakin tinggi kemungkinan produk akan terjual.

        Untuk menggunakan jasa endorsment,pelaku atau pemilik bisnis akan mengirimkan produknya untuk dipakai dan direview oleh endorser untuk kemudian diunggah di laman media sosialnya. Tarif yang dipasang oleh seorang endorser juga beragam tergantung dengan jenis metode endors yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak. Jika menggunakan media sosial Instagram metode yang digunakan adalah dengan mempromosikan produk lewat  mengunggah foto,video dan atau hanya stories Instagram. Biasanya tarif yang paling mahal adalah dengan menggunakan metode mengunggah video karena memerlukan lebih banyak waktu dan review yang lebih jelas.

        Walaupun tarif yang  dipasang beragam, banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh pelaku bisnis jika menggunaan jasa endorsment,seperti:

1. Produk yang Semakin Terkenal dan Mendapat Perhatian

        Orang-orang yang mengenal produk semakin akan meningkat seiring dengan jumlah orang yang melihat konten endors yang dibuat oleh seorang endorser . Hal ini bisa terjadi ketika bekerja sama dengan endorser yang memiliki jutaan pengikut.

2. Kepercayaan Publik Semakin Meningkat

       Selain menjadi lebih terkenal, produk yang dipromosikan akan semakin dipercaya oleh banyak orang karena pengikut endorser percaya pada apa yang dikatakan idolanya. Mereka akan segera yakin bahwa produk tersebut berkualitas dan layak untuk dibeli.

3. Meningkatkan Penjualan

        Tujuan utama dalam penggunaan jasa endorsmet adalah untuk meningkatkan penjualan. Promosi dari figur publik atau endorser akan membuat banyak orang ingin mencobanya juga, sehingga penjualan produk dan permintaan pasar dapat meningkat dengan cepat.

Namun,penggunaan jasa endorsment juga memiliki kelemahan,seperti:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun