Di zaman yang serba canggih ini,kehidupan kita tidak akan bisa terlepas dengan adanya media sosial. Dengan hanya menggunakan media sosial kita akan menemukan berbagai hal dan melakukan penyebaran informasi tanpa batas.Selain sebagai wadah untuk berbagi informasi, penggunaan media sosial juga berdampak positif pada banyak aspek, termasuk bisnis .Jika digunakan dengan benar, media sosial dapat memberikan banyak manfaat yang signifikan bagi bisnis.Oleh karena itu,para pelaku bisnis memanfaatkan hal tersebut untuk mempromosikan bisnisnya secara online.
    Cara yang efektif untuk mempromosikan bisnis adalah dengan menggunakan jasa endorsment. Menurut Economic Times, endorsement adalah suatu bentuk iklan yang dilakukan atau dipromosikan oleh seorang selebriti, tokoh masyarakat, atau seseorang yang dikenal, dipercaya, dihormati, atau berpengaruh di masyarakat. Saat ini para pelaku bisnis banyak menggunakan cara ini untuk mempromosikan bisnisnya melalui selebriti terkenal dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan. Seseorang atau selebriti yang memberikan jasa endorsment desebut sebagai endorser. Semakin terkenalnya seorang endorser,maka akan semakin tinggi kemungkinan produk akan terjual.
    Untuk menggunakan jasa endorsment,pelaku atau pemilik bisnis akan mengirimkan produknya untuk dipakai dan direview oleh endorser untuk kemudian diunggah di laman media sosialnya. Tarif yang dipasang oleh seorang endorser juga beragam tergantung dengan jenis metode endors yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak. Jika menggunakan media sosial Instagram metode yang digunakan adalah dengan mempromosikan produk lewat  mengunggah foto,video dan atau hanya stories Instagram. Biasanya tarif yang paling mahal adalah dengan menggunakan metode mengunggah video karena memerlukan lebih banyak waktu dan review yang lebih jelas.
    Walaupun tarif yang  dipasang beragam, banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh pelaku bisnis jika menggunaan jasa endorsment,seperti:
1. Produk yang Semakin Terkenal dan Mendapat Perhatian
    Orang-orang yang mengenal produk semakin akan meningkat seiring dengan jumlah orang yang melihat konten endors yang dibuat oleh seorang endorser . Hal ini bisa terjadi ketika bekerja sama dengan endorser yang memiliki jutaan pengikut.
2. Kepercayaan Publik Semakin Meningkat
    Selain menjadi lebih terkenal, produk yang dipromosikan akan semakin dipercaya oleh banyak orang karena pengikut endorser percaya pada apa yang dikatakan idolanya. Mereka akan segera yakin bahwa produk tersebut berkualitas dan layak untuk dibeli.
3. Meningkatkan Penjualan
    Tujuan utama dalam penggunaan jasa endorsmet adalah untuk meningkatkan penjualan. Promosi dari figur publik atau endorser akan membuat banyak orang ingin mencobanya juga, sehingga penjualan produk dan permintaan pasar dapat meningkat dengan cepat.
Namun,penggunaan jasa endorsment juga memiliki kelemahan,seperti: