Mohon tunggu...
Rini
Rini Mohon Tunggu... Lainnya - Hi there!

#sharetoeachothers

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Babibu Iklan pas magang!

25 Agustus 2020   02:15 Diperbarui: 1 September 2020   18:17 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hi peeps! semoga kalian dalam keadaan baik ditengah pandemi ini ya :) Kali ini aku mau share pengalaman magang di Creative Advertising Agency yang pasti ngebahas tentang iklan. CTO!

Desember 2019 adalah bulan pertama magang di sebuah agensi iklan kreatif di Jakarta Selatan tepatnya di Jalan Dharmawangsa. Penuh dengan semangat anak muda, so pasti para pekerja disini muda bertalenta. Diterima dan bekerja sebagai Account Executive dengan tugas mengurus client serta mengkoordinasi brief kepada brand team. seruuuu sekaleee
Seru menghadapi tekanan batin kedua belah pihak hahaha, eh tapi bener-bener seru saat brainstorming bareng tim kreatif guys

Lanjut, brainstorming adalah waktu untuk mendiskusikan pemikiran, celotehan, makian, sampai menemukan ide brilian. Ide ga serta merta hinggap di otak kita gitu aja, tapi perlu berpikiran lebih keras lagi untuk mendapatkannya.  Pas ide udah ketemu dan dipresent nih, ga sedikit client yang nolak ide yang habis-habisan kita temui, akibatnya terkadang client sendirilah yang menyetir kita sedemikian rupa, dahsyat kan sobat mantap?

Eits, tapi tunggu dulu... kalau ide ditolak jangan buru-buru dibuang guys, kita bisa pake cara 'IDE DITOLAK, FOLDER BERTINDAK'
menurut Budiman Hakim dalam buku 'Creative Director' mengatakan walaupun sudah ditolak client, ide itu tetap merupakan harta berharga, kita hanya belum menemukan pembeli yang cocok. Kalian setuju?

Pengalaman aku magang selama empat bulan (Desember 2019-Maret 2020) dengan melalui perjalanan dari Jakarta Barat-Selatan yang sudah berkali-kali telat lebih dari lima kali menyadarkanku pentingnya time management yang baik. Tidur cukup dan berangkat lebih awal. Sama juga dengan Beriklan, time management yang baik perlu dilakukan, kapan waktunya iklan tayang. Iklan yang terlalu sering juga membuat kita jenuh, tapi iklan yang jarang tayang bikin kita lupa ada produk tersebut. Di balik iklan yang keren terdapat jiwa kreatif yang mengalir. Salut dengan para pekerja kreatif dimanapun kalian berada.

Well, tulisan ini masih kurang jauh kalo kita ngomongin soal iklan, tapi pengalaman emang ga tergantikan. Seberapapun kita melangkah disitu ada hikmah. Seorang Account Executive bukan hanya pandai mengkoordinir client dan team, tapi creative attitude itu penting. Kreatif, inovatif, sikap dan komunikasi adalah kunci membangun relasi. Iklan adalah branding. Berpikir kreatif jangka pendek harus dilakukan, tapi berpikir kreatif jangka panjang ga bole dilupakan. Lagu penutup: Kenangan Manis by Pamungkas.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun