Hi peeps! semoga kalian dalam keadaan baik ditengah pandemi ini ya :) Kali ini aku mau share pengalaman magang di Creative Advertising Agency yang pasti ngebahas tentang iklan. CTO!
Desember 2019 adalah bulan pertama magang di sebuah agensi iklan kreatif di Jakarta Selatan tepatnya di Jalan Dharmawangsa. Penuh dengan semangat anak muda, so pasti para pekerja disini muda bertalenta. Diterima dan bekerja sebagai Account Executive dengan tugas mengurus client serta mengkoordinasi brief kepada brand team. seruuuu sekaleee
Seru menghadapi tekanan batin kedua belah pihak hahaha, eh tapi bener-bener seru saat brainstorming bareng tim kreatif guys
Lanjut, brainstorming adalah waktu untuk mendiskusikan pemikiran, celotehan, makian, sampai menemukan ide brilian. Ide ga serta merta hinggap di otak kita gitu aja, tapi perlu berpikiran lebih keras lagi untuk mendapatkannya. Â Pas ide udah ketemu dan dipresent nih, ga sedikit client yang nolak ide yang habis-habisan kita temui, akibatnya terkadang client sendirilah yang menyetir kita sedemikian rupa, dahsyat kan sobat mantap?
Eits, tapi tunggu dulu... kalau ide ditolak jangan buru-buru dibuang guys, kita bisa pake cara 'IDE DITOLAK, FOLDER BERTINDAK'
menurut Budiman Hakim dalam buku 'Creative Director' mengatakan walaupun sudah ditolak client, ide itu tetap merupakan harta berharga, kita hanya belum menemukan pembeli yang cocok. Kalian setuju?
Pengalaman aku magang selama empat bulan (Desember 2019-Maret 2020) dengan melalui perjalanan dari Jakarta Barat-Selatan yang sudah berkali-kali telat lebih dari lima kali menyadarkanku pentingnya time management yang baik. Tidur cukup dan berangkat lebih awal. Sama juga dengan Beriklan, time management yang baik perlu dilakukan, kapan waktunya iklan tayang. Iklan yang terlalu sering juga membuat kita jenuh, tapi iklan yang jarang tayang bikin kita lupa ada produk tersebut. Di balik iklan yang keren terdapat jiwa kreatif yang mengalir. Salut dengan para pekerja kreatif dimanapun kalian berada.
Well, tulisan ini masih kurang jauh kalo kita ngomongin soal iklan, tapi pengalaman emang ga tergantikan. Seberapapun kita melangkah disitu ada hikmah. Seorang Account Executive bukan hanya pandai mengkoordinir client dan team, tapi creative attitude itu penting. Kreatif, inovatif, sikap dan komunikasi adalah kunci membangun relasi. Iklan adalah branding. Berpikir kreatif jangka pendek harus dilakukan, tapi berpikir kreatif jangka panjang ga bole dilupakan. Lagu penutup: Kenangan Manis by Pamungkas.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H