Mohon tunggu...
Rindy Ayu Anggraini
Rindy Ayu Anggraini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Mahasiswa Manajemen, Hobi Mengambar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Digital Marketing untuk UMKM Indonesia

21 Mei 2023   21:15 Diperbarui: 21 Mei 2023   21:32 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
UMKM yang menerapkan Digital Marketing/Dokpri

Kemajuan teknologi tidak bisa dihindari dalam kehidupan saat ini.  kemajuan Teknologi ini juga harus sangat dimanfaatkan oleh para Pelaku UMKM, khususnya UMKM Indonesia. Dengan kemajuan teknologi dan pengetahuan, setiap orang bisa menciptakan inovasi dan ide kreatif yang memudahkan pekerjaan mereka. Digital marketing merupakan pemasaran dengan menggunakan penerapan teknologi secara digital. Salah satu bentuk marketing digital dengan menggunakan media elektronik atau internet adalah internet marketing (e-marketing).   

Dengan adanya digital marketing, UMKM dapat mengembangkan bisnisnya lebih luas, yang sebelumnya hanya di satu daerah sekarang bisa satu indonesia bahkan sampai internasional. Manfaat pemasaran digital bagi UMKM yaitu usaha bisnis dapat terhubung dengan mudah kepada konsumen melalui online, konsumen bisa tertarget, biaya pemasaran lebih hemat, meningkatkan potensi daya jual dan dapat melayani konsumen secara real time.

Digital Marketing Platfrom

Platform yang dapat UMKM manfaatkan dalam digital marketing antara lain:

  • Media Sosial

umkm dapat mengunakan media sosial seperti instagram, facebook, youtube untuk mempromosikan produknya. banyak konsumen yang 

Manfaat Digital marketing bagi pelaku UMKM

  • jumlah penjualan dapat tertarget.
  • Hasil cepat terlihat sehingga pemasar dapat melakukan tindakan koreksi atau perubahan apabila dirasa ada yang tidak sesuai
  • biaya jauh lebih murah daripada pemasaran konvensional.
  • Jangkauan pemasaran lebih luas .
  • Dapat diakses kapanpun tidak terbatas waktu.
  • Hasil penjualan dapat diukur, misalnya jumlah pengunjung situs, jumlah konsumen yang melakukan pembelian online.
  • Bisa melakukan engagement atau meraih konsumen karena komunikasi terjadi secara langsung dan dua arah sehingga pelaku usaha membina relasi dan menumbuhkan kepercayaan konsumen.

tiktok.com/@indyyyyz
tiktok.com/@indyyyyz

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun