Mohon tunggu...
Rindina Adisya Putri Anggara
Rindina Adisya Putri Anggara Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Magang MBKM Mahasiswa Amikom di Widya Analytic: Peran Business Development

4 Juli 2023   14:54 Diperbarui: 4 Juli 2023   14:59 565
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

YOGYAKARTA - - PT Widya Intelektual Bangsa (Widya Analytic) merupakan sebuah perusahaan Startup yang bergerak di bidang Big Data Analytic dan Artificial Intelligence berfokus pada pertumbuhan bisnis lewat tranformasi digital berbasis data driver berguna untuk memudahkan suatu kelompok dalam pengambilan keputusan,meningkatkan produktivitas dan merancang startegi. Widya Analytic juga memiliki produk yaitu Toba AI dan layanan seperti Consultant IT, SPBE, Pembuatan Aplikasi, Kecerdasan Buatan, Infrastruktur IT, Pelatihan dan Sertifikasi. Startup merupakan perusahaan yang masih baru atau pemula, maka dari itu Widya Analytic tentunya harus memiliki tim yang handal sangat berpengaruh dalam pengembangan bisnis startup.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat diperoleh dalam pengalaman magang di MBKM sebagai Business Development di Widya Analytic:

1. Riset pasar

Seorang Business Development melakukan riset paser yang dilakukan melalui wawancara, melihat tren yang sedang berlangsung dan dan melihat berbagai produk yang sejenis sesuai yang dibutuhkan perusahaan di pasaran. Maka dari itu, riset pasar sangat berguna untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan serta dapat mengembangkan produk yang lebih Dengan melakukan riset pasar, bisnis dapat memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan, serta dapat mengembangkan produk yang lebih signifikan antara perusahaan dengan pasar.

2. Pengumpulan data pelanggan

Pada saat magang di MBKM seorang business development tentunya melakukan pengumpulan data pelanggan yaitu dengan cara seperti melalui aplikasi pengadaan dan kontak pelanggan yang ada di internet serta berbagai macam cara lainnya. Sehingga data pelanggan yang didapatkan digunakan sebagai pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif dan data pelanggan juga dapat digunakan untuk retargeting sehingga memudahkan perusahaan dalam meningkatkan penjualanan serta mengembangkan perusahaan.

3. Melatih kemampuan berkomunikasi secara efektif

Mendapatkan ilmu tentang tata cara berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan. Pada saat Magang MBKM, mahasiswa mempelajari cara berkomunikai dengan pelanggan sesuai keinginan dan kebutuhan mereka. Mulai dari tutur kata yang benar serta nada bicara, sehingga seorang business development dapat membantu mengembangkan startup dengan cara memberikan layanan yang menarik dan tepat bagi konsumen. Hal ini sangat penting dalam membangun hubungan dengan klien dan mitra bisnis, serta memperkuat posisi perusahaan dalam pasar.

4. Membangun hubungan bisnis yang efektif

Seorang Business Development tentunya bertanggung jawab dalam membangun hubungan bisnis yang efektif dengan pelanggan dan mitra bisnis.Hal tersebut sangat berguna dalam mengembangan bisnis startup, dengan membangun hubungan bisnis yang efektif maka mudah bagi perusahaan memperoleh dorongan,motivasi dan sumber daya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun