Masih ingat tentang penganiayaan yang dilakukan oleh Mario Dandy kepada David? Kasus kekerasan memang banyak terjadi, namun kasus yang satu ini mendapat perhatian lebih dari masyarakat. Kasus kekerasan brutal tersebut mendapat lampu sorot dari segala penjuru karena dilakukan oleh anak seorang pejabat pajak.
Kita semua tentu tahu jika penganiayaan, kekerasan dan kejahatan adalah hal yang salah, berapapun umur pelakunya, perbuatan melukai seseorang dengan sengaja tidak dapat dibenarkan. Tidak hanya umur, level jabatan tinggi, kelas sosial atas dan kekayaan yang lebih juga tidak menjadikan seseorang berhak menganiaya orang lain. Kekerasan brutal yang dilakukan Mario Dandy hampir merenggut nyawa David, video yang beredar membuat banyak orang murka, para ayah-ibu menangis sekaligus marah.
Kemudian, muncul kutipan lawas Kasino yang dihubung-hubungkan dengan perilaku Mario Dandy. "Orang kaya memang suka gitu, tengil. Kayak duit bapaknya halal aja". Kutipan Kasino (Warkop DKI) Â yang diambil dari film lawas berjudul "Gengsi Dong" itu mengkritik perilaku anak orang kaya, meskipun faktanya tidak semua anak orang kaya punya kelakuan tengil, dan tak semua orang kaya hartanya haram. Begitu juga perilaku "Tengil" bisa dilakukan oleh anak-anak orang biasa, tak hanya anak orang kaya.
Pendidikan Moral
Bicara soal kelakuan tengil dan moral anak, kita semua tentu sepakat kalau pelajaran moral didapatkan anak di rumah, tempat anak bertumbuh. Pengajar materi moral adalah orangtua dan tak perlu ikut kelas parenting untuk mengajarkan anak soal moral, tak perlu juga buku panduan bagaimana cara mengajarkan anak soal moral. Pendidikan moral tak membutuhkan tangan besi orangtua, tak membutuhkan aturan-aturan tertulis maupun reward. Poin dasar moral value yaitu tentang benar-salah yang dicontohkan orangtua sepanjang hari sejak anak masih bau minyak telon.
Meskipun ada penelitian yang menunjukkan jika keluarga dengan pendidikan tinggi punya peluang lebih besar untuk  memberikan pendidikan moral yang baik ke anak-anaknya, karena punya akses lebih mudah untuk mendapatkan informasi. Namun, tidak semua orangtua berpendidikan tinggi mau memberikan pendidikan moral yang kuat ke anak-anaknya.
Kualitas pendidikan moral anak tidak dapat diukur dari status sosial orangtua, jabatan apalagi harta orangtua, terbukti dari kasus Mario Dandy. Banyak juga keluarga dari pendidikan rendah dan berpenghasilan minim mampu memberikan kualitas pendidikan moral yang baik untuk anak-anaknya.Â
Mengajarkan Anak Mengambil Keputusan
Tidak ada manusia yang hidup tanpa mengambil keputusan. Skill pengambilan keputusan ini wajib dimiliki setiap manusia, sama halnya dengan moral, pengambilan keputusan juga diajarkan dan dilatih sejak dini. Bagaimana caranya anak mendapatkan skill pengambilan keputusan? Lagi-lagi, pelatihnya adalah orangtua.Â
Diawali dari tahap sederhana memilih baju sehabis mandi sore, memilih kegiatan bermain atau belajar, hingga memutuskan jurusan kuliah. Pengambilan keputusan tentu saja melibatkan berbagai pertimbangan, terutama tentang risiko yang akan dihadapi anak.
Kemampuan pengambilan keputusan dari sudut pandang psikologi dianggap penting karena memiliki dampak yang signifikan pada kesejahteraan dan kesuksesan seseorang dalam kehidupan. Kemampuan mengambil keputusan seseorang dipengaruhi juga oleh faktor kognitif, emosional, lingkungan, kepribadian dan faktor situasi.
Usia 20 tahun, menurut Jean Piaget, seorang ahli psikologi perkembangan, berada di tahap perkembangan kognitif operasional formal. Usia kognitif operasional formal dimulai di usia 11 tahun hingga dewasa. Di fase tersebut anak sudah mulai bisa berpikir tentang risiko-risiko yang mungkin terjadi sekaligus dapat mengantisipasi akibat sebuah tindakannya. Kemampuan berpikir akan berkembang bersama usianya yang juga bertambah.
Namun, ada banyak faktor di luar faktor kognitif, emosional, lingkungan, kepribadian dan faktor situasi yang turut mempengaruhi seseorang sehingga tidak dapat mencapai tahap kognitif operasional formal yang sempurna. Faktor lingkungan terkecil, yaitu keluarga menjadi faktor penting bagi anak untuk dapat mencapai tahap kognitif operasional formal yang sempurna.Â