PENTINGNYA INTERAKSI GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (ZOOM MEETING DAN GMEET)
- PENDAHULUAN
Proses interaksi antara guru dan siswa sejatinya akan selalu terjadi, banyak penelitian mengungkapkan begitu pentingya sebuah interaksi dalam pembelajaran, dan interaksi merupakan komponen yang sangat penting dari sebuah proses pembelajaran jarak jauh (Swan, 2001). (Cao et al., 2001) merangkum pentingnya interaksi dan menyatakan bahwa interaksi "adalah proses penting dari bagian-bagian dalam menyusun dan proses penciptaan pengetahuan". Terlepas dari keyakinan ini, interaksi memang benar-benar mempengaruhi pembelajaran agak menjadi lebih jelas (Wiley & Hilton III, 2018). Bagaimanapun memang benar adanya bahwa interaksi memang memberikan kontribusi pada kepuasan dan minat belajar siswa dalam lingkungan pembelajaran jarak jauh (Hsieh Chang & Smith, 2008). Ini menimbulkan pertanyaan: Jenis interaksi apakah yang paling efektif dan sesuai untuk pendidikan jarak jauh? Penulis akan memulai dengan diskusi singkat tentang berbagai jenis interaksi, desain interaksi, dan kerangka kerja yang diusulkan untuk memfasilitasi interaksi yang efektif. Studi penelitian saat ini disajikan dan ditarik kesimpulan mengenai jenis interaksi yang paling penting dalam hal meningkatkan pengalaman belajar pendidikan jarak jauh
- RUMUSAN MASALAH
- Bagaimana cara meningkatkan kualitas interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran jarak jauh untuk mencapai hasil belajar yang optimal?
- Â Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran jarak jauh?
- PEMBAHASAN
- Interaksi guru dan siswa jarak jauh semakin intens pada pembelajaran saat ini, meskipun negara telah bebas dari kungkungan Covid-19. Pembelajaran jarak jauh diartikan sebagai proses pembelajaran dimana guru dan murid tidak bertatap muka secara langsung dalam kelas. Pengembangan pembelajaran jarak jauh saat ini telah berkembang pesat melalui aplikasi zoom meeting dan geoogle meet. Aktivitas tersebut dipandang sebagai Solusi bagi pendidikan era saat ini. Melalui pembelajaran via zoom meeting dan G-meet memungkinkan pembelajaran bisa dilakukan secara fleksibel tanpa terbatas ruang dan waktu. Untuk meningkatkan efektivitas interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran jarak jauh, perlu dilakukan upaya yang komprehensif, melibatkan semua pihak yang terkait, mulai dari guru, siswa, sekolah, hingga orang tua.
- Cara Meningkatkan Kualitas Interaksi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh
- Kunci keberhasilan dalam meningkatkan kualitas interaksi guru dan siswa adalah dengan terus beradaptasi dan melakukan inovasi. Setiap kelas dan setiap siswa memiliki kebutuhan yang berbeda, sehingga fleksibilitas dan kreativitas sangat diperlukan. Untuk mencapai hasil belajar yang optimal, berikut beberapa strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran jarak jauh:
- Memilih Platform yang Tepat
Fitur interaktif: Pilih platform yang menyediakan berbagai fitur interaktif seperti chat, video konferensi, papan tulis virtual, dan ruang diskusi.
Keamanan: Pastikan platform yang dipilih memiliki fitur keamanan yang baik untuk melindungi data pribadi siswa.
Kemudahan penggunaan: Pertimbangkan kemudahan penggunaan platform bagi guru dan siswa.
- Merancang Kegiatan Pembelajaran yang Interaktif
Variasi aktivitas: Kombinasikan berbagai jenis aktivitas pembelajaran, seperti diskusi kelompok, presentasi, tugas kolaboratif, dan kuis interaktif.
Pembelajaran berbasis proyek: Libatkan siswa dalam proyek yang menantang dan memungkinkan mereka untuk menerapkan pengetahuan yang mereka dapatkan.
Gunakan media yang menarik: Manfaatkan video, animasi, dan simulasi untuk membuat pembelajaran lebih menarik.
- Memberikan Umpan Balik yang Berkualitas
Spesifik: Berikan umpan balik yang spesifik terkait dengan kekuatan dan kelemahan siswa.
Tepat waktu: Sampaikan umpan balik segera setelah siswa menyelesaikan tugas.
Konstruktif: Fokus pada bagaimana siswa dapat memperbaiki kinerja mereka.
- Membangun Komunitas Belajar Online