Mohon tunggu...
Rina Nur Hanifah
Rina Nur Hanifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Aktif di Universitas Sarjanawiyata TamanSiswa

Hobi kuliner dan jalan-jalan

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Strategi Pemasaran UMKM "Anindya" Keripik Bakso Sukses Banjir Orderan Menjelang Lebaran

17 April 2023   17:28 Diperbarui: 17 April 2023   17:34 293
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Pada dasarnya, UMKM adalah arti usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. UMKM adalah salah satu bagian penting dalam perekonomian Indonesia.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, dan dapat berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan berperan dalam mewujudkan stabilitas nasional. Selain itu, UMKM adalah salah satu pilar utama ekonomi nasional yang harus memperoleh kesempatan utama, dukungan, perlindungan dan pengembangan seluas-luasnya sebagai wujud keberpihakan yang tegas kepada kelompok usaha ekonomi rakyat, tanpa mengabaikan peranan usaha besar dan badan usaha milik negara. UMKM bertujuan menumbuhkan dan mengembangkan usahanya dalam rangka membangun perekonomian nasional berdasarkan demokrasi ekonomi yang berkeadilan (UU No 20 Tahun 2008 Tentang UMKM). 

Strategi pemasaran adalah salah satu cara memenangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang atau jasa. Strategi pemasaran dapat dipandang sebagai salah satu dasar yang dipakai dalam menyusun perencanaan perusahaan secara menyeluruh.

Pemasaran perlu mendapat perhatian serius oleh UMKM, terutama didalam proses penetapan strategi pemasaran harus benar-benar matang, sehingga strategi pemasaran yang dipilih akan mampu menembus pasar. Apalagi kondisi persaingan yang semakin ketat seperti saat ini, kemampuan untuk merebut pangsa pasar akan mempengaruhi kelangsungan hidup UMKM itu sendiri.

Seperti UMKM "ANINDYA" keripik bakso milik Ibu Nanik Puji Lestari & Bapak Adib  yang beralamatkan di Desa Gotakan, Panjatan, Kulon Progo. Menggunakan strategi promosi pada whatsApp story dan facebook untuk memasarkan produk keripik baksonya. 

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Rina : Bagaimana Ibu Nanik dalam memasarkan produk keripik baksonya?

Ibu Nanik : Promosi lewat WA story dan facebook mbak. Kebetulan yang sudah pernah beli, merasa produknya enak lalu repeat order dan merekomendasikan produk kami dengan orang-orang disekitarnya hingga sekarang.

Rina : Kemudian berapa total orderan menjelang lebaran tahun ini buk?

Ibu Nanik : Alhamdulilah untuk Keripik baksonya sekitar 860 kg, selain keripik bakso juga ada pesanan keripik usus 280 kg dan kacang bawang 85kg.

Rina : Bagaimana cara Ibu untuk mempertahankan banyaknya pelanggan selama ini buk? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun