ANALISIS PEMASARAN TERASI
Junianto dan Rina
1. Dosen Departemen Perikanan_UNPAD
2. Mahasiswa Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Perikanan  _ UNPAD, Pangandaran
A. Definisi Produk
Terasi merupakan salah satu produk olahan perikanan yang cara buatnya dilakukan melalui proses fermentasi. Proses fermentasi sama dengan pembusukan, namun fermentasi menghasilkan zat-zat yang mengeluarkan rasa dan aroma yang spesifik sehingga disukai orang (Karim et al. 2014). Penampakan Terasi Tanpa Merek dapat dilihat pada Gambar 1.
B. Analisis Konsumen
- Kebutuhan Konsumen1
1. Kebutuhan Konsumen Secara Fisiologi
Konsumen membeli produk terasi karena terasi memiliki kandungan gizi yang baik untuk pertumbuhan (Persagi 2005).
2. Kebutuhan Konsumen Secara Sosiologi
Pembelian produk terasi udang tidak memiliki dampak negatif seperti sanksi sosial karena produk ini disukai oleh masyarakat Asia Tenggara termasuk Indonesia karena harga terjangkau dan mudah didapat (Majid et al. 2014).
- Segmentasi Pasar dan Cara Membeli
Target pasar produk terasi adalah ibu rumah tangga yang biasanya memasak untuk keluarganya (Permadi 2016). Berdasarkan data survey yang telah dilakukan bahwa usia responden beragam dari 21-78 tahun, 80% perempuan, 75% sudah menikah, 30% memiliki pendapatan Rp 1.000.000 – 4.999.9999. Produk terasi dapat dibeli langsung dari warung, pasar swalayan, dan e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan lainnya (Nurdiansyah 2017).
C. Analisis Persaingan
- Rival, Substitusi, Potential Entrants
1. Rival
Produk terasi udang memiliki jumlah dua produk rival di urutan dua dan tiga teratas dalam bisnis terasi di Indonesia. Terdapat juga pesaing lainnya yang berjumlah 8 produk yang serupa.
2. Substitusi
Produk Terasi memiliki jumlah dua produk substitusi yang cukup terkenal dalam bisnis bahan baku yang sama terbuat dari terasi yaitu produk sambal terasi dan terasi bubuk.
3. Potential Entrants
Perusahaan Unilever telah mengeluarkan produk makanan terbaru, namun dari segi branding, harga serta kualitas dapat langsung memikat konsumen. Berdasarkan produk tersebut yang berhasil dipercaya oleh konsumen, dapat menjadi sebuah ancaman baru jika suatu saat perusahaan unilever memproduksi juga produk terasi.