Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
Eksplorasi Konsep Modul 3.2
- Pertanyaan Pemantik
- Apabila kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah ekosistem dengan faktor biotik dan abiotik yang ada di dalamnya, maka faktor-faktor apa saja yang termasuk dalam kelompok biotik dan abiotik?
Faktor Biotik : Manusia: Guru, staf, siswa, orang tua, dan masyarakat sekitar sekolah. Faktor Abiotik : Fisik : Bangunan sekolah, ruang kelas, peralatan belajar mengajar, dan infrastruktur lainnya. Sosial : Budaya, norma, dan aturan yang berlaku di sekolah.
- Bagaimanakah seharusnya seorang kepala sekolah berperan dalam mengelola ekosistem sekolahnya?
- Peran Kepala Sekolah dalam Mengelola Ekosistem Sekolah, berperan penting dalam mengelola ekosistem sekolahnya. Misalnya : Pemimpin yang Visioner dan Inspiratif, menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif, mengelola Sumber Daya yang Efektif, Pendorong Inovasi dan Kreativitas, Pembelajar dan Pendidik yang Berkelanjutan,
- Kemampuan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah sebagai pemimpin ekosistem sekolah?
Sebagai pemimpin ekosistem sekolah, seorang kepala sekolah harus memiliki berbagai kemampuan untuk dapat memimpin dan mengelola sekolah dengan efektif. Yaitu : Kemampuan Kepribadian, Kemampuan Manajerial, Kemampuan Supervisi, Kemampuan Kewirausahaan, Kemampuan Sosial.
Apa yang harus dilakukan oleh seorang kepala sekolah dalam mengelola sumber daya sekolah secara efektif dan efisien?
- Kepala sekolah dapat Mengelola Sumber Daya Sekolah Secara Efektif dan Efisien, yang dapat dilakukan adalah : Perencanaan : Membuat perencanaan yang matang dan sistematis tentang penggunaan sumber daya sekolah. Pengorganisasian : Membuat struktur organisasi yang jelas dan efektif untuk mengelola sumber daya sekolah. Penggunaan : Menggunakan sumber daya sekolah dengan bijak dan efisien. Pemeliharaan : Merawat dan memelihara sumber daya sekolah dengan baik. Pengembangan : Mengembangkan sumber daya sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
- Seberapa besar dampak sumber daya (fasilitas) yang sekolah miliki untuk memfasilitasi proses pembelajaran murid saat ini? Jelaskan!
- Sumber daya (fasilitas) sekolah memiliki dampak yang besar terhadap proses pembelajaran murid. Dengan menyediakan fasilitas yang memadai dan berkualitas, sekolah dapat membantu murid untuk mencapai potensi belajarnya secara optimal.
- Sejauh mana sumber daya sekolah yang kita miliki sudah kita gunakan secara efektif untuk mendukung kualitas pembelajaran di sekolah? Jelaskan!
- Sumber daya (fasilitas) sekolah memiliki dampak yang besar terhadap proses pembelajaran murid. Dengan menyediakan fasilitas yang memadai dan berkualitas, sekolah dapat membantu murid untuk mencapai potensi belajarnya secara optimal.
- Adakah cara alternatif yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan sumber daya yang sudah ada demi meningkatkan kualitas pembelajaran murid?
- Dengan memaksimalkan sumber daya yang sudah ada dan menerapkan cara-cara alternatif di atas, sekolah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran murid tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.
- Sudahkah sekolah memanfaatkan apa yang ada di lingkungan sekitar? Bagaimana pemanfaatannya?
Pemanfaatan lingkungan sekitar merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran murid. Misalnya memanfaatkan perpustakaan, tempat ibadah, taman, pojok baca, laboratorium / bengkel.