Mohon tunggu...
Dona Riki Satriawan
Dona Riki Satriawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang pelajar yang ingin menjadi pembelajar

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Metode Pembelajaran yang Tepat bagi Anak SD/MI

28 November 2016   14:25 Diperbarui: 28 November 2016   14:45 2125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pernahkah kita berpikir bagamaina masa kita kecil dulu sewaktu masih belajar di SD/MI menyenangkan, menyedihkan, seru, atau justru malah membosankan? Pembelajaran bagi anak SD/MI seharusnya mengikuti metode PAIKEM yaitu Pembelajaran Aktif Inovatif Efektif dan Menyenangkan bukan malah melakukan pembelajaran yang monoton dan membosankan sehingga membuat peserta didik tidak semangat dan tidak memiliki ketertarikan untuk mengikuti proses pembelajaran. Sebagai guru SD/MI kita dituntut untuk dapat melaksanakan pembelajaran yang aktif, inovatif, efektif, dan menyenagkan sesuai dengan metode PAIKEM. 

Aktif dimaksudkan bahwa dalam proses pembelajaran, guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasan. Guru disini harus memberikan kesempatan siswa untuk berperan aktif dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa dapat aktif bertanya dan tidak pasif dalam proses belajar mengajar. 

Inovatif artinya guru harus mencipkatan pembelajaran yang dapat menyeimbangkan kinerja otak kanan dan kiri siswa yang akan mengakibatkan proses renovasi mental, diantaranya membangun rasa percaya diri siswa. Kreatif dimaksudkan agar guru menciptakan kegiatan belajar yang beragam sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa. Dalam hal ini guru harus mengerti setiap kemampuan siswa, mana siswa yang tertinggal dalam materi pelajaran. Guru harus kreatif menemukan cara atau solusi yang tepat agar siswa tersebut tidak ketinggalan materi pelajaran. 

Efektif maksudnya pembelajaran dilakukan sedemikian rupa untuk mencapai hasil belajar yang telah dirumuskan. Menyenangkan artinya proses pembelajaran harus berjalan dalam suasana yang menyenangkan tidak dalam suasana tegang apalagi membosankan.

Apabila guru mampu merapkan metode PAIKEM tersebut dalam  proses pembelajaran, maka siswa akan mampu mengembangkan bukan hanya kognitif saja tetapi sosial dan karakternya akan menjadi seorang individu yang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh orang tua. Sehingga dalam hal ini metode PAIKEM sejatinya harus diterapkan dalam proses pembelajaran disetiap sekolah dasar yang ada di negeri ini. Jika semua guru SD/MI dapat menerapkan metode ini, tidak akan ada lagi yang namanya pembelajaran membosankan dan menegangkan yang akan dialami oleh siswa. Proses pembelajaran akan menjadi sangat menarik dan menyenangkan, siswa akan mampu memahami materi yang disampaikan dan siswa tidak merasa bosan dan tertekan dalam proses pembelajaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun