Mohon tunggu...
Rika fadila
Rika fadila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teori Emosional Menurut Vygotsky

21 November 2024   12:44 Diperbarui: 21 November 2024   12:47 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menurut Lev Vygotsky, perkembangan sosial emosional anak terjadi melalui interaksi dengan orang lain yang lebih berpengetahuan (MKO): 

Perancah pengalaman

Orang dewasa membimbing dan memimpin pengalaman anak, kemudian perlahan-lahan memberikan lebih banyak kendali kepada anak. 

Zona Perkembangan Proksimal (ZPD)

Jarak antara tingkat perkembangan aktual anak dan tingkat perkembangan potensial mereka. 

Private speech

Ujaran yang diarahkan ke dalam diri sendiri untuk membimbing diri sendiri dan mengatur perilaku. 

Teori Vygotsky menekankan bahwa fungsi-fungsi mental yang lebih tinggi, seperti bahasa, penalaran, dan pengaturan diri, tidak bersifat bawaan, tetapi diperoleh melalui interaksi sosial. Vygotsky juga berpendapat bahwa bahasa dan pikiran saling terkait erat, masing-masing terus membentuk dan memengaruhi yang lain. 

Teori Vygotsky telah memengaruhi praktik pendidikan di seluruh dunia, meskipun ada beberapa kritik terhadap teorinya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun