Mohon tunggu...
Rika Apriani
Rika Apriani Mohon Tunggu... Novelis - Writer, author, blogger. Nama Pena: Zanetta Jeanne.

Creating my own imaginary world through writing. Adi dan Ica (in progress).

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tidak Punya Waktu? Coba 8 Cara Efektif Ini untuk Mengelola Waktu dengan Baik

6 Juli 2024   08:08 Diperbarui: 6 Juli 2024   08:20 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pexels.com / Stas Knop

Mengelola waktu dengan baik adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam era yang serba cepat ini, kemampuan untuk mengatur waktu secara efektif dapat membuat perbedaan besar antara keberhasilan dan kegagalan.

Artikel ini akan membahas 8 cara efektif mengelola waktu yang bisa mengubah hidup Anda menjadi lebih baik dan juga membantu pencapaian tujuan hidup dengan optimal. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Membuat Daftar Prioritas Harian

Membuat daftar prioritas harian adalah langkah pertama dalam mengelola waktu dengan baik. Hal ini membantu Anda untuk fokus pada tugas-tugas yang paling penting dan mendesak, sehingga Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien.

Setiap pagi, luangkan waktu untuk membuat daftar tugas yang perlu diselesaikan. Gunakan metode Eisenhower Matrix, yang membagi tugas menjadi empat kuadran berdasarkan kepentingan dan urgensi.

Dengan menggunakan matriks Eisenhower ini, Anda membagi tanggung jawab menjadi empat kategori berbeda, yaitu:

  • Mendesak dan penting: Hal ini adalah tugas yang akan segera Anda kerjakan.
  • Penting tetapi tidak mendesak: Tugas-tugas ini penting, tetapi dapat dijadwalkan untuk dilakukan nanti.
  • Mendesak tetapi tidak penting: Tugas-tugas ini harus segera diselesaikan, tetapi tidak terlalu penting dan dapat didelegasikan kepada orang lain.
  • Tidak mendesak atau penting: Tugas-tugas ini bisa dihilangkan seluruhnya.

Fokuskan perhatian Anda pada kuadran yang berisi tugas-tugas penting dan mendesak terlebih dahulu.

2. Menggunakan Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro adalah metode manajemen waktu yang membantu Anda untuk tetap fokus dan produktif dengan membagi waktu kerja menjadi interval pendek, biasanya 25 menit, kemudian diikuti oleh istirahat singkat.

Cara melakukan Teknik Pomodoro:

  • Set timer selama 25 menit dan fokuslah pada satu tugas tanpa gangguan.
  • Setelah 25 menit, lalu ambil istirahat selama 5 menit.
  • Ulangi siklus ini sebanyak empat kali, kemudian ambil istirahat yang lebih panjang (15-30 menit).

3. Mengelola Gangguan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun