Mohon tunggu...
Rika Andriani
Rika Andriani Mohon Tunggu... Penulis - Every Words is Poetry

Every Words Is Poetry

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Sikap Patuh sebagai Salah Satu Kunci Melawan Penyakit Diabetes

22 September 2023   21:39 Diperbarui: 22 September 2023   22:03 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Dulu sebelum mendapatkan informasi yang benar, saya termasuk orang yang tidak patuh dalam mengonsumsi obat-obatan kimia. Kadang tidak menebus resepnya, menebus resep tapi tidak dikonsumsi sama sekali atau meminumnya tidak sesuai anjuran dokter. Tekadang timbul kejenuhan diiringi rasa pesimis dalam masa pengobatan kurang lebih 9 tahun. Sebagian informasi yang beredar kalau sering mengonsumsi obat-obatan kimia dapat merusak ginjal. Stigma seperti ini sering kita dengar di tengah masyarakat.

Dan memang apa yang saya lakukan dengan tidak mengonsumsi obat-obatan tersebut tidak membuat saya sembuh juga. Sampai diberikan penjelasan yang akhirnya saya bisa terima adalah bahwa yang menyebabkan ginjal rusak bukan disebabkan konsumsi obat-obatan kimia tetapi salah satunya dari kadar gula darah yang tidak terkendali. Resep obat yang diberikan tentu sudah melalui penelitian jadi dokter pun tidak sembarangan dalam mengobati pasiennya. Mulai saat itu saya mendengarkan saran dokter dan mulai rajin mengonsumsi obat-obatan tanpa memikirkan hal lain yang bisa menghalangi ikhtiar yang akan saya lakukan.

Alhamdulillah, kini saya merasa terbantu dan stabil baik dari kadar gula darah maupun secara mental dan fisik. Walau masih dihantui efek yang ditimbulkan jika kadar gula darah tidak terkontrol yaitu komplikasi. Komplikasi pasti datang tapi dapat diperlambat begitu yang disampaikan oleh dokter yang menangani  Saya dapat merasa sedikit lega namun mimpi buruk bisa datang kapan saja. Jadi saya memutuskan untuk tetap berjuang sampai akhir mengikuti semua tahapan pengobatan. 

Tetap semangat untuk kalian yang memiliki sakit yang sama. Saya tahu bagaimana rasanya dampak psikologis yang timbul antara optimis dan tidak, antara yakin atau tidak bakal sembuh, menjadi lebih sensitif dan mudah tersinggung, belum lagi ketika rasa sakit datang hanya kita sendiri yang merasakan. Pokoknya rasanya campur aduk dan kita berperang dengan diri sendiri. Sampai titik ini sudah saya lalui dan butuh waktu agar situasi kembali normal. 

Sikap patuh harus dibangun mulai dari menjaga asupan makanan, menjalankan pola hidup sehat, berolahraga dan istirahat yang cukup, rajin cek up ke dokter, serta mengikuti tahapan pengobatan yang dianjurkan oleh dokter. Sikap patuh memegang peranan penting untuk pemulihan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun